View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)D1A016205
Nama MahasiswaCIKA FIRDAUSI PIKANA UTAMI
Judul ArtikelKONSUMSI PAKAN DAN BOBOT PANEN AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTERS DAN NON ANTIBIOTIC GROWTH PROMOTERS PADA KANDANG TERTUTUP
AbstrakPenelitian ini berjudul “Konsumsi Pakan Dan Bobot Panen Ayam Broiler Yang Diberi Pakan Antibiotic Growth Promoters Dan Non Antibiotic Growth Promoters Pada Kandang Tertutup”. Penelitian ini dilaksanakan di 3 wilayah yaitu kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Cilacap pada bulan Desember 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsumsi pakan dan bobot panen ayam broiler yang diberi pakan Antibiotic Growth Promoters dan Non Antibiotic Growth Promoters pada kandang tertutup. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan sasaran penelitian yaitu peternak ayam broiler yang menjadi kemitraan dengan PT Cemerlang Unggas Lestari dengan kepemilikan ayam broiler sebanyak 10,000-50,000 pada kandang tertutup. Rataan konsumsi pakan dengan Antibiotic Growth Promoters pada kandang tertutup dalam satu periode mendapatkan hasil 3,27±0,56 kg/ekor, sedangkan rataan konsumsi pakan dengan Non Antibiotic Growth Promoters pada kandang tertutup dalam satu periode mendapatkan hasil 3,16±0,48 kg/ekor (P</>0,05). Bobot panen dengan Antibiotic Growth Promoters pada kandang tertutup dalam satu periode mendapatkan hasil 1,95±0,23 kg/ekor sedangkan rataan bobot panen dengan Non Antibiotic Growth Promoters pada kandang tertutup dalam satu periode mendapatkan hasil 1,91±0,28 kg/ekor (P</>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pakan dengan Antibiotic Growth Promoters dan pakan dengan Non Antibiotic Growth Promoters tidak berbeda nyata terhadap konsumsi pakan dan bobot panen ayam broiler.
Abstrak (Inggris)This Study is entitled "Consumption of Feed and Harvest Weights of Broilers Given Antibiotic Growth Promoters and Non Antibiotic Growth Promoters Weight in a Closed Cage". This research was conducted in 3 areas, namely Banyumas, Purbalingga, and Cilacap in December 2019. This study aims to determine the relationship of feed consumption and harvest weight of broilers fed with Antibiotic Growth Promoters and Non Antibiotic Growth Promoters in closed cages. The research method used was a survey with the aim of the research being broiler chicken breeders who became a partnership with PT Cemerlang Poultry Lestari with ownership of broiler totaling 10,000-50,000 in closed cages. Average feed consumption with Antibiotic Growth Promoters in a closed cage in one periode to get results 3,27±0,56 kg/tail, while the average consumption of feed with Non Antibiotic Growth Promoters in a closed cage in one periode to get results 3,16±0,48 kg/tail (P</>0,05). Harvest weights with Antibiotic Growth Promoters in a closed cage in one periode get a result of 1,95±0,23 kg/tail, while the average weight of the harvest with Non Antibiotic Growth Promoters in a closed cage in one periode get a result of 1,91±0,28 kg/tail (P</>0,05). The conclusion of this study is that feed with Antibiotic Growth Promoters and feed with Non Antibiotic Growth Promoters were not significantly different from feed consumption and harvest weight of broiler chickens.
Kata KunciAntibiotic Growth Promoters, konsumsi pakan, bobot panen, ayam broiler, wilayah
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Elly Tugiyanti, MP
Nama Pembimbing 2Dr. Ir. Emmy Susanti, MP
Tahun2020
Jumlah Halaman6
Page generated in 0.0601 seconds.