View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1A016033
Nama MahasiswaRAFI RAIHAN NAFIS
Judul ArtikelAdult Colonization in Jan Payne's My Treasury of Aesop Fables (2015)
AbstrakPenjajahan oleh orang dewasa merupakan dominasi orang dewasa atas anak-anak, terutama dalam karya sastra. Penjajahan ini terjadi ketika cerita anak-anak didominasi oleh pengarang dewasa. Dalam cerita tersebut, orang dewasa bisa menyampaikan atau menginterpretasi apapun tentang anak-anak dan dunia anak-anak, termasuk memaksakan nilai kepada mereka. Disisi lain, anak-anak dibiarkan tidak memiliki suara atas diri mereka sendiri. Sebagai hasilnya, anak-anak ditempatkan sebagai pihak inferior di mata orang dewasa. Penjajahan terhadap anak-anak sering kali diabaikan. Salah satu contoh penjajahan oleh orang dewasa dalam cerita anak-anak popular terdapat di Jan Payne’s My Treasury of Aesop Fables (2015). Dalam menganalisis penjajahan oleh orang dewasa di dalam fable tersebut, penelitian ini menggunakan teori poskolonialisme di sastra anak dan intrinsik elemen. Ada lima intrinsik elemen yang dianalisis yaitu, tema, plot, sudut pandang, karakter dan karakterisasi dan simbolisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasilnya, penelitian ini menunjukan adanya pemaksaan nilai terhadap anak-anak oleh orang dewasa. Di saat yang sama, mereka diam pada hal yang tidak sesuai dengan representasi mereka tentang anak-anak yang ideal. Pemaksaan ini adalah untuk membuat anak-anak yang ideal, mereka yang patuh, taat dan suci. Anak-anak diperlakukan sebagai yang liyan, mereka yang inferior, tidak pantas, eksostis dan tidak berpendidikan. Di waktu yang sama, orang dewasa ditempatkan sebagai kebalikan dari yang liyan, mereka yang superior dan penuh pengetahuan.
Abstrak (Inggris)Adult colonization is the domination of adult over children, especially in literary work. This colonization happens when the work of children story is dominated by adult author. In this kind of work, adult can say and interpret everything about children and children’s world, including imposing value to them. On the other hand, it is silence to the children’s voice. Consequently, children are put as the inferior to the adult. Colonization to children is often overlooked. One of popular children stories that contain the colonization from adult is Jan Payne’s My Treasury of Aesop Fables (2015). In analyzing adult colonization within the fables, this research uses postcolonialism in children literature theory and intrinsic elements theory. There are five intrinsic elements analyzed by the researcher; these are theme, plot, point of view, character and characterization and symbolism. This research uses qualitative method in describing the finding. The research found out that through elements of literature, adult imposes their ideal value to children while at the same time it is silence to the issue that does not conform to their representation of ideal children. This imposition is in order to create ideal children, those who abide, obey, faithful, and innocence. Children are treated as the other, those who are inferior, inappropriate, exotic, uncanny, and uneducated. At the same time, it puts adult as the counterpart of the other, the self that is superior and full of knowledge.
Kata KunciPostcolonialism in children literature, adult colonization, fable, value
Nama Pembimbing 1Mia Fitria Agustina, S.S., S.E., M.A.
Nama Pembimbing 2Tri Murniati, S.S., M.Hum., Ph.D.
Tahun2020
Jumlah Halaman73
Page generated in 0.0604 seconds.