View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L016031
Nama MahasiswaSITI MAGHFIROH
Judul ArtikelDeterminan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA 7,8,9 SMA Negeri 1 Purwokerto Prespektif: Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa determinan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7,8,9 SMA Negeri 1 Purwokerto prespektif kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 7,8,9 dengan jumlah 107 siswa. Kemudian untuk menentukan besarnya sampel yang representative dalam penelitian ini menggunakan jumlah indikator yaitu 20 dikali 5 sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Untuk data primer diperoleh melalui distribusi kuesioner yang diisi oleh siswa sebagai responden, sedangkan data sekundernya diperoleh dari penilaian harian 1 (ph1), penilaian harian 2 (ph2), dan penilaian tengah semester (pts). Data tersebut kemudian diolah dengan structural equation modelling (sem) dengan program amos 23.0. Hasil penelitin menunjukkan, 1) kecerdasan intrapersonal (kesadaran diri emosional) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.458 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 2) Kecerdasan intrapersonal (sikap asertif) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 2.790 > 1.967 dan probabilitas 0.005 ≤ 0.005. 3) Kecerdasan intrapersonal (harga diri) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 2.744 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 4) Kecerdasan intrapersonal (kemandirian) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.175 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 5) Kecerdasan interpersonal (social sensitivity) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.223 > 1.967 dengan probabilitas 0.000 < 0.005. 6) Kecerdasan Interpersonal (social insight) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.035 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 7) Kecerdasan interpersonal (social communication) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.004 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata Squared Multiple Correlations (R2) yang menunjukkan besarnya kontribusi variabel kecerdasan intrapersonal (kesadaran diri emosional, sikap asertif, harga diri, kemandirian) dan interpersonal (social sensitivity, social insight, social communication) terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53,28 %, sisanya 46,72 % merupakan variabel lain yang tidak diteliti seperti kecerdasan yang lain, motivasi, bakat, kemampuan kognitif, kondisi fisik, dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intrapersonal (kesadaran diri emosional, sikap asertif, harga diri, kemandirian) dan interpersonal (social sensitivity, social insight, social communication) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar.
Abstrak (Inggris)The purpose of this study was to analyze the determinants of student achievement in class X MIPA 7,8,9 SMA Negeri 1 Purwokerto from a perspective of intrapersonal and interpersonal intelligence. The approach used in this research is quantitative. The population in this study were all students of class X MIPA 7,8,9 with 107 students. Then to determine the size of the sample representative in this study using the number of indicators that is 20 times 5 so that the number of samples used is 100 respondents. Data collection methods used in this study are primary and secondary. For primary data obtained through the distribution of questionnaires filled out by students as respondents, while secondary data obtained from daily assessment 1 (ph1), daily assessment 2 (ph2), and midterm assessment (pts). The data is then processed with structural equation modeling (sem) with the amos 23.0 program. Research results show, 1) intrapersonal intelligence (emotional self-awareness) has a positive effect on student achievement in class X MIPA 7, 8, and 9 as evidenced by the value of C.R. of 3,458> 1,967 and the probability of 0,000 <0.005. 2) Intrapersonal intelligence (assertiveness) has a positive effect on student achievement in class X MIPA 7, 8, and 9 as evidenced by the value of C.R. of 2,790> 1,967 and the probability of 0.005 ≤ 0.005. 3) Intrapersonal intelligence (self-esteem) has a positive effect on student achievement in grade X MIPA 7, 8, and 9 as evidenced by the value of C.R. of 2,744> 1,967 and the probability of 0,000 <0.005. 4) Intrapersonal intelligence (autonomy) has a positive effect on student achievement in class X MIPA 7, 8, and 9 as evidenced by the value of C.R. of 3,175> 1,967 and the probability of 0,000 <0.005. 5) Interpersonal intelligence (social sensitivity) has a positive effect on student achievement in class X MIPA 7, 8, and 9 as evidenced by the value of C.R. of 3,223> 1,967 with a probability of 0,000 <0.005. 6) Interpersonal intelligence (social insight) has a positive effect on learning achievement as evidenced by the value of C.R. of 3,035> 1,967 and the probability of 0,000 <0.005. 7) Interpersonal intelligence (social communication) has a positive effect on learning achievement as evidenced by the value of C.R. of 3,004> 1,967 and a probability of 0,000 <0.005. The results of this study also indicate that the average value of Squared Multiple Correlations (R2) which shows the contribution of intrapersonal intelligence variables (emotional self awareness, assertiveness, self-esteem, independence) and interpersonal (social sensitivity, social insight, social communication) on achievement student learning by 53.28%, the remaining 46.72% are other variables not examined such as other intelligence, motivation, talent, cognitive abilities, physical conditions, and the community environment. Therefore it can be concluded that intrapersonal intelligence (emotional self-awareness, assertiveness, self-esteem, independence) and interpersonal (social sensitivity, social insight, social communication) have a positive effect on learning achievement.
Kata Kuncideterminan prestasi belajar, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal
Nama Pembimbing 1Retno Widuri, S.E., M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Dwita Darmawati, S.E., M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0535 seconds.