View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1I016036
Nama MahasiswaSELVIANA AYU WULANDARI
Judul ArtikelThe Influences of Revenue From Hotel, Restaurant, Entertainment Taxes, ad Regional Retribution Toward Regional Original Revenue
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penerimaan dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan retribusi daerah memiliki pengaruh pada peningkatan pendapatan asli daerah. Penelitian ini menggunakan objek dari realisasi pendapatan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, retribusi daerah, dan pendapatan asli daerah tahun 2014-2018 di Kabupaten/Kota Jawa Tengah yang tercantum dalam laporan realisasi keuangan di setiap daerah. Metode purposive sampling dalam penelitian ini untuk menentukan sampel dengan memiliki beberapa kriteria yang dibutuhkan dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 data. Data yang digunakan ini berasal dari 6 kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan rentang waktu penelitian selama 5 tahun. Metode penelitian kuantitatif dan analisis regresi linier berganda dengan dibantu SPSS digunakan untuk mengolah data yang diperoleh sehingga mengetahui hasil uji dalam penelitian ini. Hasil uji dalam penelitian ini menunjukkan variabel pajak hotel, pajak restoran, dan retribusi daerah secara positif memiliki pengaruh pada pendapatan asli daerah, sedangkan variabel pajak hiburan secara negatif memiliki pengaruh pada pendapatan asli daerah.
Abstrak (Inggris)This research aims to examine whether the factors that influence rise up on regional original revenue. The objects in this research consist of the realization of hotel tax revenue, restaurant tax, entertainment tax, regional retribution, and regional original revenue of 2014-2018 in Central Java Regency/City listed in the financial realization report in each region. The purposive sampling used in this research to select sample with several criterion and the samples number used in this research was 30 data. The data used are from 6 regencies/cities in Central Java with 5 years periods in a row. Quantitative research methods and multiple linear regression analysis assisted by SPSS are used to process the data obtained, that can be find out the test results in this research. The research prove that hotel tax, restaurant tax, and regional retribution variables positively influence the regional original revenue, while the entertainment tax variable negatively influences the regional original revenue.
Kata KunciTax Hotel, Entertainment Tax, Restaurant Tax, Regional Retribution, Regional Original Revenue
Nama Pembimbing 1Dr. Icuk Rangga Bawono, S.E., S.H., M.Si., M.H., Ak., CA., ASEAN CPA., CTAP
Nama Pembimbing 2Yudha Aryo Sudibyo, S.E. M.Sc, Ph.D, Ak., CA., ACPA
Tahun2020
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0645 seconds.