View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1B016053
Nama MahasiswaTRINADIA SISCAHYANI
Judul ArtikelPENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK TENTANG PEMILIHAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH
AbstrakABSTRAK PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK TENTANG PEMILIHAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH Tri Nadia Siscahyani1, Dian Susmarini2, Nina Setiawati3 Latar Belakang: Anak membutuhkan konsumsi pangan yang cukup dan bergizi seimbang. Pemilihan makanan jajanan yang aman, bermutu dan bergizi sangat penting. Meningkatkan pengetahuan mengenai makanan jajanan perlu dilakukan agar anak mengetahui dan bersikap benar dalam perilaku memilih makanan yang aman, bermutu, dan bergizi. Alat permainan edukatif ular tangga dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pemilihan pangan jajanan anak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif terhadap pengetahuan dan sikap siswa SD tentang pemilihan pangan jajanan anak sekolah. Metodologi:. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment one group pre and post test design. Sampel berjumlah 40 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen diadopsi dari Purtiantini (2010). Uji yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mc Nemar. Hasil Penelitian:.Rerata usia responden adalah 10,30 tahun. Mayoritas pendidikan ayah dan ibu responden adalah SD/sederajat serta mayoritas pekerjaan ayah responden adalah wiraswasta dan pekerjaan ibu responden adalah Ibu Rumah Tangga (IRT). Pendapatan ayah responden adalah UMK/diatas UMK Purbalingga dan pendapatan ibu responden adalah tidak berpenghasilan. Terdapat perbedaan antara pretest dan posttest tingkat pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh alat permainan edukatif ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap siswa SD tentang pemilihan pangan jajanan anak sekolah. Kata Kunci: makanan jajanan, anak, dan ular tangga. 1 Mahasiswa Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman 2&3 Dosen di Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman
Abstrak (Inggris)ABSTRACT THE EFFECT OF SNAKE AND LADDER AS AN EDUCATIONAL GAME ON SCHOOL AGE CHILDREN’S KNOWLEDGE AND ATTITUDE ABOUT THE SELECTION OF HEALTHY SNACKS FOR SCHOOL CHILDREN Tri Nadia Siscahyani1, Dian Susmarini2, Nina Setiawati3 Background: Children need to adequate food consumption and balanced nutrition. The selection of healthy, quality, and nutritious snacks are very important. Increasing the knowledge about snack food needs to be done so that children know and behave properly in choosing healthy, quality, and nutritious food. This research aims to study the effect of snake and ladder game to school age children’s knowledge and attitude about the selection of healthy snacks for school children. Methodology: This research used quasi experiment one group pretest and posttest design. 40 respondents was recruited with simple random sampling technique. The instrument used from Purtiantini (2010). This research used Wilcoxon and Mc Nemar test. Result: The average age of intervention group was 10,30 years old. Most respondent’s parent had junior high school education, and most respondent’s profession is entrepreneur. The income are high Purbalingga regencies minimum wage. There was difference among pretest and posttest knowledge level (p=0,001) and attitude (p=0,000) on intervention group. Conclusion: there was effect of snake and ladder game on school age children’s knowledge and attitude about food selection for school children snacks. Keyword: snacks, child, and snake and ladder game. 1 Student of Nursing Departement, Faculty of Health Sciences, Jenderal Soedirman University. 2&3 Lecturer of Nursing Department, Faculty of Health Sciences, Jenderal Soedirman University. 
Kata Kuncimakanan jajanan, anak, dan ular tangga
Nama Pembimbing 1DIAN SUSMARINI
Nama Pembimbing 2NINA SETIAWATI
Tahun2020
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0526 seconds.