View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C015045
Nama MahasiswaPROBO SETYO PAMBUDI
Judul ArtikelPENERAPAN KANSEI ENGINEERING UNTUK ANALISIS DESAIN KEMASAN KERIPIK TEMPE COKELAT
AbstrakTempe mempunyai peran yang cukup penting dalam pergerakan perekonomian masyarakat Indonesia seperti penyerapan tenaga kerja dan pemerataan kesempatan berusaha. Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 81 ribu usaha pembuatan tempe yang memproduksi 2,4 juta ton tempe per tahun. Dengan berkembangnya industri tempe dari waktu ke waktu, maka terjadi persaingan dagang diantara penggiat industri tempe. Hal ini mengharuskan pelaku industri harus berlomba-lomba menyenangkan konsumen dengan pengembangan produk baru dan melakukan inovasi produk. Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu kota yang memiliki industri rumah tangga (IKM) yang menjadikan tempe sebagai produk olahanya. Salah satu IKM yang berfokus pada olahan tempe adalah IKM Suka Nicky. IKM ini berdiri pada tahun 1996. Untuk dapat terus bersaing dalam bisnis olahan tempe, baru-baru ini IKM Suka Nicky mengembangkan produk olahan tempe, yaitu keripik tempe cokelat dan masih terkendala oleh desain kemasannya. Penelitian ini mengkaji elemen desain yang tepat untuk kemasan yang mampu mewakili perasaan (kansei) konsumen dengan menggunakan metode kansei engineering. Data yang diperoleh dapat digunakan masukan kepada IKM Suka Nicky terkait desain kemasan yang cocok untuk produk keripik tempe cokelat mereka yang baru. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mengetahui kata-kata kansei terkait desain produk. (2) Mencari elemen atau atribut desain produk yang mempengaruhi kansei konsumen. (3) Menentukan desain produk berdasarkan elemen produk yang telah diuji. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Banjarnegara, dilakukan dari bulan juli hingga agustus 2019. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu, (1) Tahap persiapan, yaitu penentuan sasaran responden dan pembuatan kuisioner. (2) Tahap pengambilan dan pengumpulan data, pada tahapan ini dilaksanakan pengumpulan data langsung kepada responden dan data yang diperoleh dimasukkan kedalam satu file, (3) tahap pengukuran jawaban responden yang dilakukan dengan skala likert 1 sampai 5, (4) tahap terakhir adalah tahap analisis data. Variabel yang diamati yaitu variabel independen (X) berupa kata-kata kansei, variabel dependen (Y) berupa atribut-atribut kansei, dan pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 faktor yang terbentuk yaitu faktor atraktif dengan nilai variance paling besar yaitu 61,148%, kemudian faktor simpel memiliki nilai variance sebesar 19,728%, faktor kedaerahan ini memiliki nilai variance sebesar 7,411%, dengan terbentuknya 3 faktor tersebut sehingga didapatkan 3 rekomendasi elemen desain dengan masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda.
Abstrak (Inggris)Tempe has an importan role in the economical movement of the indonesian poeple, such as providing employment and equitable business oportunities. At present, in indonesia there are around 81 thousand tempe processing businesses that can produce about 2,4 million tons each year. Along with the development of the tempe industry, there will be trade competition among the tempe industry players. This requires industry players to compete with each other to satisfy consumers by developing new products and making product inovations. Banjarnegara regency is one of the area that has a home industry (IKM) that makes tempe as they processed product. One of the home industry that focuses on processed tempe is IKM Suka Nicky. This home industry was estabilished since 1996. To be able to still compete in the tempe processed industry, then IKM Suka Nicky has arlready made an tempe product inovation, that is chocolate tempe chips but still constrained by the packaging design. This study examines the right design elements to be able to represent affective or kansei of the consumers for their new chocolate tempe chips product. The purpose of this study, namely: (1) Knowing the kansei words related to the product design, (2) look for product elements or attributes that affect consumers kansei, (3) determine the product design based on product elements that has been tested. This research was conducted in the Banjarnegra Regency. From july to agust 2019 this is consists of several stages, namely (1) preparation phase, determining the respondents target and making a questionnaire. (2) Data collection and recapitulate phase, collecting data from respondents and recapitulating them in one file. (3) The measurement phase of respondents’ answers on a likert scale of 1 to 5.(4) The last step is data analysis phase. The observed varibles is a independent varibel (X) in the form of kansei words, dependent variabel (Y) in the form of kansei attributes, and the effect of independent variable on the dependent variable. The results showed there are 3 factors was formed, namely the atractive factors with the biggest variance value that is 61,148% , then the simple factor has variance value of 19,728%, the regional factor has variance value of 7,411%. With the 3 factors were formed, then 3 design element recomendations were obtained with each having a different specification.
Kata Kunciansei engineering, analisis desain kemasan, keripik tempe cokelat, kata kansei, atribut kansei
Nama Pembimbing 1Poppy Arsil, S.TP., M.T., Ph.D.
Nama Pembimbing 2Hety Handayani H, S.TP., M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman18
Page generated in 0.0516 seconds.