View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A016084
Nama MahasiswaISABEL NADINE
Judul ArtikelPreferensi Konsumen dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Produk Minyak Goreng Kemasan pada Toko Swalayan di Purwokerto
AbstrakMinyak goreng merupakan salah satu produk industri hasil pertanian yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk dan masa peralihan dari konsumsi minyak goreng curah ke minyak goreng kemasan menyebabkan meningkatnya konsumsi minyak goreng kemasan dan bertambahnya jumlah produk minyak goreng kemasan yang berada di pasaran sehingga produsen minyak goreng kemasan membutuhkan pengetahuan akan preferensi konsumen serta loyalitas konsumen minyak goreng kemasan. Atribut pada produk minyak goreng kemasan menjadi indikator penting dalam meraih perhatian konsumen, yang mana hal ini akan berpengaruh terhadap preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen, 2) mengetahui dan menganalisis peringkat kepentingan atribut konsumen, 3) mengetahui preferensi konsumen, 4) mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap minyak goreng kemasan di Purwokerto. Penelitian dilaksanakan secara survei pada lima toko swalayan di Kota Purwokerto, yaitu Boersa Kampus, Kopkun, Toko Dieng, Berkah Jaya, dan Rita Pasaraya. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret 2020 sampai April 2020. Metode pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Obyek penelitian ini merupakan konsumen minyak goreng kemasan yang membeli minyak goreng kemasan pada toko swalayan di Kota Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen serta tingkat kepentingan atribut konsumen dalam pembelian minyak goreng kemasan pada toko swalayan di Purwokerto dari terbesar hingga terkecil adalah atribut volume, atribut merek, atribut harga, dan atribut kemasan 2) Minyak goreng kemasan yang menjadi preferensi konsumen di Purwokerto adalah harga Rp15.000,00 – Rp25.000,00 per 2 liter, ukuran 1-2 liter, jenis kemasan refill plastik besar, warna bening, informasi label tanggal kaldaluarsa, promosi penjualan tatap muka, dan merek Bimoli. 3) Tingkat loyalitas konsumen terhadap minyak goreng kemasan di Purwokerto berada pada kategori sangat baik, sehingga konsumen di Purwokerto loyal terhadap minyak goreng kemasan.
Abstrak (Inggris)Cooking oil is one of the industrial products of agricultural products needed by the people of Indonesia. The increase in population and the transition from consumption of bulk cooking oil to packaged cooking oil led to an increase in consumption of packaged cooking oil and an increase in the number of packaged cooking oil products on the market so that packaged cooking oil producers need knowledge of consumers preferences and consumers loyalty on packaged cooking oil. Attributes on packaged cooking oil products become an important indicator in grabbing consumers' attention, which will affect consumer preferences. This research aims to 1) determine the attributes considered by consumers, 2) know and analyze the importance of consumer attributes, 3) determine consumer preferences, 4) determine the level of consumer loyalty to packaged cooking oil in Purwokerto. The study was conducted in a survey at five supermarkets in Purwokerto City, namely Boersa Kampus, Kopkun, Toko Dieng, Berkah Jaya, and Rita Pasaraya. The research was conducted from March 2020 to April 2020. The method of sampling is purposive sampling. The object of this research is packaged cooking oil consumers who buy packaged cooking oil at a supermarket in Purwokerto City. The results showed that 1) the attributes considered by consumers as well as the level of importance of consumer attributes in the purchase of packaged cooking oil at supermarkets in Purwokerto from the largest to the smallest were the volume attributes, brand attributes, price attributes, and packaging attributes 2) Packaged cooking oils that were The consumer's preference in Purwokerto is the price of Rp. 15,000.00 - Rp. 25,000.00 per 2 liters, 1-2 liter size, large plastic refill packaging, clear color, expiration date label information, face-to-face sales promotion, and the bimoli brand 3) The level of consumer loyalty to packaged cooking oil in Purwokerto is in the very good category, so consumers in Purwokerto are loyal to packaged cooking oil.
Kata Kunciatribut produk, minyak goreng kemasan, preferensi konsumen, loyalitas konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P.
Tahun2020
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0537 seconds.