View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1D016035
Nama MahasiswaFISHKA DIAH BETARI
Judul ArtikelAnalisis Kandungan Gula Sederhana dan Total Kalori pada Minuman Waralaba di Purwokerto sebagai Penyumbang Risiko Gizi Lebih
AbstrakLatar Belakang: Minuman waralaba merupakan minuman yang ditambahkan gula sederhana sehingga minuman tersebut tinggi energi. Konsumsi minuman dengan tambahan gula sederhana melebihi rekomendasi dapat menjadi penyumbang risiko gizi lebih dan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan penyakit seperti DM tipe 2, hipertensi dan penyakit kronik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gula sederhana dan total kalori pada minuman waralaba di Purwokerto sebagai penyumbang risiko gizi lebih. Metode: Penelitian ini merupakan jenis observasional desain analisis deskriptif dengan menguji kandungan gula sederhana menggunakan metode Nelson-Somogyi dan total kalori menggunakan kalorimeter bom pada 8 sampel minuman dan 1 topping. Sampel diambil dengan metode purposive sampling berdasarkan minuman dan topping minuman terlaris pada kedai minuman terpilih. Hasil penelitian: Rata-rata gula total yang terkandung pada minuman waralaba terpilih sebesar 39,81 g/ukuran saji dan total kalori sebesar 389,75 kkal/ukuran saji. Sedangkan total gula yang terdapat pada topping minuman terpilih sebesar 2,47 g/ukuran saji dan total kalori sebesar 60,72 kkal/ukuran saji. Kesimpulan: Kandungan gula dan kalori pada minuman waralaba melebihi dari batas anjuran kalori yang berasal dari minuman.
Abstrak (Inggris)Introduction: Franchise drinks are drinks with added simple sugars which made them high in energy . Consuming those drinks excessively can contribute to the risk of overweight and consuming them for a long period of time can cause diseases such as Diabetes Melitus type 2, hypertension and other chronic diseases. This research aims to determine the content of simple sugar and total calories in franchise drinks in Purwokerto as a contributor to the risk of overweight. Method: This research is an observational type of descriptive analysis design by analysing the content of simple sugar using Nelson-Somogyi method and the total calories using bomb calorimeter in 8 drinks and 1 topping. Samples were taken by purposive sampling method based on their best selling drinks and topping. Results: The total average sugar contained in the franchise drinks are 39,81 g/serving size and the total calories are 389.75 kcal / serving size. Whereas the total sugars in those drinks’ topping are 2,47 g /serving size and the total calories are 60.72 kcal /serving size. Conclusion: The content of sugar in and calories in the franchise drinks are exceeding the limits of the recommended calories in drinks.
Kata KunciGula sederhana, total kalori, gizi lebih.
Nama Pembimbing 1Indah Nuraeni, S.TP., M.Sc
Nama Pembimbing 2Dika Betaditya, S.Gz., MPH
Tahun2020
Jumlah Halaman22
Page generated in 0.0555 seconds.