View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L016003
Nama MahasiswaAMELIA SITI MARWAH
Judul ArtikelPENGARUH KEMANDIRIAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
AbstrakPendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas manusia. Salah satu ciri terwujudnya tujuan pendidikan nasional adalah adanya keberhasilan dalam pembelajaran.Tingkat keberhasilan dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor baik faktor intenal maupun fakror eksternal. Faktor internal yaitu kemandirian dan kesiapan, sedangkan faktor eksternal adalah media pembelajaran yang digunakan yaitu LKS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar (2) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar (3) pengaruh media pembelajaran LKS terhadap prestasi belajar (4) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dimoderasi oleh media pembelajaran LKS (5) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar dimoderasi oleh media pembelajaran LKS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA dan XI IPS sebanyak 252. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, regresi moderasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (2) Kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (3) Media Pembelajaran LKS berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (4) Media pembelajaran LKS memoderasi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar (5) Media pembelajaran LKS memoderasi kesiapan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Kemandirian. Kesiapan , Prestasi Belajar, LKS
Abstrak (Inggris)Education has a goal to improve human quality. One of the characteristics of the realization of the goals of national education is the success in learning. The level of success can be seen from student achievement. Learning achievement is influenced by two factors, both internal and external factors. Internal factors are independence and readiness, while external factors are the learning media used, namely LKS. This study aims to analyze (1) the effect of independent learning on learning achievement (2) the effect of learning readiness on learning achievement (3) the effect of learning media worksheets on learning achievement (4) the effect of independent learnng on learning achievement. Learning achievement is moderated by the worksheet (LKS) learning media (5) the effect of learning readiness on learning achievement is moderated by the worksheet (LKS) learning media. This research is a quantitative study using a survey method. The population in this study were 252 class XI IPA and XI IPS. The sampling technique used probability sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, moderated regression, F test and t test. The results showed: (1) Learning independence has a positive and significant effect on learning achievement in economic subjects (2) Learning readiness has a positive and significant effect on learning achievement in economic subjects. (3) LKS learning media have a positive and significant effect on learning achievement in economic subjects (4) LKS learning media moderate learning independence on learning achievement (5) LKS learning media moderate learning readiness on learning achievement in economic subjects.
Kata KunciIndependent. readiness, learning achievement, LKS.
Nama Pembimbing 1Dr. Najmudin, S.E., M.Si
Nama Pembimbing 2Lina Rifda Naufalin S.Pd., M.Pd.
Tahun2020
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0551 seconds.