View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A016029
Nama MahasiswaRIZKY ANUGRAH PUTRI
Judul ArtikelSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GROPAK SKALA RUMAH TANGGA DI KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS (DEVELOPMENT STRATEGY OF GROPAK ON HOUSEHOLD SCALE ON KALIBAGOR DISTRICT BANYUMAS REGENCY)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, keuntungan, r/c ratio, dan prioritas strategi pegembangan usaha gropak skala rumah tangga di Kecamatan Kalibagor. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) analisis usaha untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, keuntungan, dan R/C ratio (2) Matriks IFE (3) Matriks EFE (4) Matriks IE (5) Matriks SWOT (6) Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata biaya pada usaha gropak skala rumah tangga di Kecamatan Kalibagor sebesar Rp128.619.752 dan rata-rata penerimaan Rp197.697.396 dengan rata-rata keuntungan adalah Rp69.077.645, serta R/C ratio sebesar 1,5. Analisis matriks IFE usaha gropak skala rumah tangga di Kecamatan Kalibagor tergolong kuat dengan nilai 2,69. Hasil dari matriks EFE juga menunjukan bahwa industri tersebut tergolong kuat dengan nilai 3,02. Posisi industri tersebut berada pada sel II yaitu pada divisi pertumbuhan dan pembangunan melalui strategi penetrasi, strategi pengembangan produk dan pengembangan pasar serta strategi integrasi. Berdasarkan hasil matriks SWOT diperoleh sembilan alternatif strategi. Nilai daya tarik (TAS) tertinggi pada matriks QSP sebesar 7,19 yaitu mengoptimalkan kapasitas produksi hingga dapat memenuhi permintaan pasar.
Abstrak (Inggris)This study aims to analyze the cost, revenue, profits, r/c ratio and prioritize strategies for development strategy of gropak on household scale on Kalibagor District. The data analysis methods used are 1) business analysis to find out the cost, revenue, profit, and r/c ratio; 2) IFE Matrix; 3) EFE Matrix; 4) IE Matrix; 5) SWOT Matrix; 6) QSPM Matrix. The results showed that the average cost of the gropak household level on Kalibagor District was IDR128.619.752 and the average revenue was IDR197.697.396 with an average profit of ID69.077.645 and R/C ratio of 1,5. Analysis of the matrix of IFE of the gropak on household scale on Kalibagor District is strong with value of 2,69. The results of the EFE matrix also show it is classified as strong with a value of 3,02. The position of the industries in cell II, namely in the division of the growth and development through penetration strategies, market and product development strategies, integration strategies. Based on the SWOT matrix, there were nine alternative strategies. The highest value of total attraction score (TAS) of QSP matrix is 7,19 namely optimizing production capacity to reach market demand.
Kata KunciKata Kunci: Gropak, Analisis Biaya, Strategi Pengembangan
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P.
Nama Pembimbing 2Dr. Irene Kartika Eka Wijayanti, S.P., M.P.
Tahun2020
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0615 seconds.