View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A016025
Nama MahasiswaSITI SUCIANI FITRIAH
Judul ArtikelKAJIAN FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELIAN PRODUK BUAH DI KOJAMA SHOP
AbstrakElectonic Word Of Mouth (eWOM) merupakan hal yang dapat mempengaruhi pembelian dari konsumen. Usaha dibidang pertanian yang memasarkan produk buah melalui platform online adalah Kojama Shop melalui marketplace seperti Go-Send, Grab dan Shopee. Produk unggulan Kojama Shop adalah alpukat mentega. Meningkatnya perkembangan teknologi dan perkembangan zaman mengakibatkan adanya persaingan produk buah alpukat mentega dan suatu produk tidak berarti apabila tidak menjadi sebuah topik perbincangan konsumen. Untuk memenangkan persaingan Kojama Shop harus meningkatkan eWOM dengan mengetahui faktor-faktor pembentuk eWOM dan pengaruhnya terhadap pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor pembentuk eWOM terhadap pembelian produk buah di Kojama Shop dan (2) Mengetahui pengaruh faktor-faktor yang terbentuk dari eWOM terhadap pembelian produk buah di Kojama Shop. Penelitian ini dilaksanakan pada 6 Maret sampai 21 April 2020. Tempat pengambilan data dilakukan di akun instagram Kojama Shop. Pemilihan tempat penelitian dilakukan secara sengaja. Sasaran penelitian adalah pengikut akun instagram Kojama Shop yang sudah pernah membeli dan mengkonsumsi produk buah alpukat mentega minimal 2 kali, berusia minimal 18 tahun dan aktif menggunakan media sosial instagram. Pengambilan data menggunakan metode survei melalui kuesioner secara online menggunakan google form. Penentuan sampel menggunakan rumus Unknown Population, penelitian ini mengambil 150 responden. Analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 5 buah faktor eWOM yaitu: Concern for Others, Expressing Positive Feelings, Economic Incentives, Helping the Company dan Platform Assistance. Kelima faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dan individu terhadap pembelian.
Abstrak (Inggris)Electonic Word Of Mouth (eWOM) is a matter of what can affect the purchase of consumers. Business of agriculture that markets fruit products through online platform is Kojama Shop through Market like Go-Send, Grab and Shopee. The flagship product of Kojama Shop is avocado butter. Increasing technological developments and the development of the times resulted in the competition of the products of avocado butter and a product does not mean if not become a topic of consumer discussion. To win the competition Kojama Shop should improve eWOM by knowing the forming factors of eWOM and its impact on the purchase. The research aims to: (1) know eWOM's forming factors on the purchase of fruit products in the Kojama Shop and (2) Knowing the influence of the factors formed by eWOM on the purchase of fruit products in the Kojama Shop. The study took place on March 6 to April 21, 2020. The data retrieval site is done in Kojama Shop's Instagram account. The selection of research places is intentionally. The target of research is the follower of the Kojama Shop Instagram account that has already bought and consumed butter avocado fruit products at least 2 times, aged at least 18 years and actively using social media Instagram. Data retrieval using survey methods through online questionnaires using Google forms. Sampling using the Unknown Population formula, the study took 150 respondents. Data analysis uses descriptive and multiple linear regression. The results showed that there are 5 factors of eWOM: Concern for Others, Expressing Positive Feelings, Economic Incentives, Helping the Company and Platform Assistance. These five factors have a significant influence together and an individual towards the purchase.
Kata KunciBuah, Electronic Word of Mouth, pembelian, regresi linier berganda.
Nama Pembimbing 1Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D.
Nama Pembimbing 2Ulfah Nurdiani, S.P., M.Sc.
Tahun2020
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0566 seconds.