View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L016035
Nama MahasiswaKRISNAWATI
Judul ArtikelPengaruh Lokus Kendali Internal, Komitmen Tugas, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto Tahun Ajaran 2019/2020
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) lokus kendali internal terhadap prestasi belajar, (2) komitmen tugas terhadap prestasi belajar, (3) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, (4) lokus kendali internal terhadap komitmen tugas. , (5) kecerdasan emosional pada komitmen tugas, (6) lokus kendali internal terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh komitmen tugas, dan (7) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh komitmen tugas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan MIPA Peminatan Ekonomi. Responden penelitian berjumlah 80 mahasiswa. Pengambilan sampel acak sederhana digunakan untuk menentukan responden. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23 menunjukkan bahwa: (1) Lokus kendali internal tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (2) Komitmen tugas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (3) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (4) Lokus kendali internal berpengaruh positif terhadap komitmen tugas. (5) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif terhadap komitmen tugas. (6) Komitmen tugas memediasi hubungan kausalitas antara lokus kendali internal dengan prestasi belajar siswa. (7) Komitmen tugas tidak memediasi hubungan kausal antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa
Abstrak (Inggris)The purpose of this research was to determine the effect of (1) internal locus of control on learning achievement, (2) task commitment on learning achievement, (3) emotional intelligence on learning achievement, (4) internal locus of control on task commitment, (5) emotional intelligence on task commitment, (6) internal locus of control on learning achievement mediated by task commitment, and (7) emotional intelligence on learning achievement mediated by task commitment. The population in this research were students of class X IPS and MIPA economics specialization. There were 80 students chosen as respondents of the research. Simple random sampling was used to determine the respondents. Based on the results of data analysis using IBM SPSS Statistics 23 shows that: (1) Internal control locus does not have a positive effect on student achievement. (2) Task commitment has a positive effect on student achievement. (3) Emotional intelligence has a positive effect on student achievement. (4) The internal locus of control has a positive effect on task commitment. (5) Emotional intelligence does not have a positive effect on task commitment. (6) Task commitment of mediating a causal relationship between the internal locus of control of student achievement. (7) Task commitment does not mediate a causal relationship between emotional intelligence on student achievement.
Kata Kuncilokus kendali internal, komitmen tugas, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar
Nama Pembimbing 1Dr. Siti Zulaikha W, S.E., M.Si
Nama Pembimbing 2Retno Kurniasih, S.E., M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0547 seconds.