View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L015005
Nama MahasiswaMAHARANI PRATIWI MAKSUM
Judul ArtikelPENGARUH PENGGUNAAN E-BOOK, LITERASI DIGITAL DAN KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR
AbstrakDigitalisasi mengubah dunia pendidikan, mulai dari cara mengajar yang mengikuti tren, materi pelajaran yang mengikuti perkembangan dunia dan pada akhirnya mampu menghasilkan output yang sesuai dengan situasi dan kondisi lapangan pekerjaan. Tingkat keberhasilan dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor baik faktor intenal maupun fakror eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh penggunaan e-book terhadap prestasi belajar (2) pengaruh literasi digital terhadap prestasi belajar (3) pengaruh ketersediaan koleksi buku terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016-2018 sebanyak 141 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penggunaan e-book berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (2) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. (3) Ketersediaan koleksi buku di perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.
Abstrak (Inggris)Digitalization changes the world of education, starting from teaching methods that follow trends, subject matter that follows world developments and ultimately being able to produce output that is in accordance with the situation and conditions of the employment field. The level of success can be seen from the student achievement. Learning achievement is influenced by two factors, both internal and external factors. This study aims to analyze (1) the effect of using e-books on learning achievement (2) the effect of digital literacy on learning achievement (3) the effect of book collection availability on learning achievement. This research is a quantitative study using a survey method. The population in this study were 141 students of Economic Education class 2016-2018. This sampling technique uses probability sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, F test and t test. The results showed: (1) The use of e-books has a positive and significant effect on learning achievement (2) Digital literacy has a positive and significant effect on learning achievement. (3) The availability of book collections in the library has a positive and significant effect on learning achievement.
Kata KunciE-book, Literasi Digital, Koleksi, Prestasi
Nama Pembimbing 1Dr. Najmudin, S.E., M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Bambang Sunarko, M.M.
Tahun2020
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0731 seconds.