View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015061
Nama MahasiswaRERRY SEPTI PUTRI UTAMI
Judul ArtikelANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR KOPI INDONESIA
AbstrakKopi merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang memiliki peran penting bagi ekonomi Indonesia. Perkembangan ekspor kopi Indonesia dari tahun ke tahun berfluktuasi. Oleh sebab itu perlu diketahui posisi daya saing dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekspor kopi Indonesia di negara tujuan ekspor utama yaitu Amerika, Jepang dan Jerman. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui posisi daya saing kopi Indonesia di Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kopi Indonesia di Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah RCA (Revealed Comparative Advantage), EPD (Export Product Dynamic), dan model regresi linear berganda, yang diselesaikan dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Excel 2010 dan Eviews 10. Data penelitian ini menggunakan data sekunder periode 30 tahun terakhir sejak tahun 1989 sampai 2018. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Worldbank, International Coffee Organization (ICO), dan UN Comtrade. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Daya saing kopi Indonesia cukup kuat untuk perhitungan RCA (RCA > 1) dan EPD menunjukkan posisi pasar kopi Indonesia di Amerika di kuadran Lost Opportunity, negara Jepang dan Jerman di kuadran Falling Star. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor kopi Indonesia di Amerika dan Jepang yaitu harga kopi internasional dan nilai tukar rupiah terhadap USD, sedangkan di negara Jerman hanya harga kopi internasional yang mempengaruhi nilai ekspor.
Abstrak (Inggris)Coffee is one of the plantation commodities which has an important role for the Indonesian economy. The development of Indonesian coffee exports from year to year is evident. Therefore it is necessary to know the position of competitiveness and what factors affect the export of Indonesian coffee in the main export destination countries, namely America, Japan and Germany. In general, this study aims to 1) determine the position of Indonesia's coffee competitiveness in the United States, Japan, and Germany, 2) to analyze the factors that affect Indonesian coffee exports in the United States, Japan, and Germany. The methods used in this research are RCA (Revealed Comparative Advantage), EPD (Export Product Dynamic), and multiple linear regression models, which are solved using the Microsoft Excel 2010 application program and Eviews 10. This research data uses secondary data for the last 30 years from 1989 to 2018. The data was obtained from the Central Statistics Agency (BPS), the Ministry of Agriculture of the Republic of Indonesia, Worldbank, International Coffee Organization (ICO), and UN Comtrade. The results showed: 1) The competitiveness of Indonesian coffee is strong enough for the calculation of RCA (RCA > 1 ) and EPD shows the position of Indonesia's coffee market in America in the Lost Opportunity quadrant, Japan and Germany in the Falling Star quadrant. 2) The factors that influence the export value of Indonesian coffee in America and Japan are the international coffee price and the rupiah exchange rate against the USD, while in Germany only the international coffee price affects the export value.
Kata KunciKata kunci: daya saing dan penentu ekspor kopi indonesia
Nama Pembimbing 1Alpha Nadeira Mamdamdari, S.P, M.P.
Nama Pembimbing 2Ulfah Nurdiani, S.P, M.Sc.
Tahun2020
Jumlah Halaman33
Page generated in 0.0533 seconds.