View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A016087
Nama MahasiswaMAELLINDA ROSSI
Judul ArtikelAnalisis Kepuasan Konsumen Kopi pada Kedai Kopi di Wilayah Purwokerto
AbstrakMaraknya tren minum kopi menjadi peluang bisnis kedai kopi semakin meningkat. Peningkatan jumlah kedai kopi juga diikuti oleh perlu adanya peningkatan nilai kepuasan konsumen. Atribut kepuasan konsumen nantinya dijadikan indikator pengukuran produktivitas serta kelangsungan hidup usaha kedai kopi dimasa datang. Pengetahuan akan kepuasan konsumen juga harus diimbangi oleh tindak lanjutnya yaitu seberapa besar keinginan konsumen dalam merekomendasi kedai kopi (willingness to recommended) dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, hubungan tiap atribut kepuasan konsumen, serta loyalitas konsumen hubungannya dengan kepuasan konsumen kopi di kedai kopi. Penelitian menggunakan metode survey di tiga kedai kopi di wilayah Purwokerto yaitu, Society Coffee, Praketa Kopi, dan Singgah Book & Coffee dengan obyek penelitiannya adalah para konsumen kopi dengan usia minimal 17 tahun dan setidaknya sudah pernah mengonsumsi kopi di salah satu kedai kopi terpilih sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan 1) sebagian besar konsumen sudah berada pada kriteria puas dengan nilai sebesar 75,80 persen. 2) Urutan atribut kepuasan konsumen terdiri dari rasa dan harga yang termasuk kuadran pertama; fasilitas layanan yang termasuk kuadran kedua; varian menu dan promosi yang termasuk kuadran ketiga dan lokasi yang termasuk kuadran keempat. 3) tingkat loyalitas yang sudah berada pada kategori tinggi atau sangat baik.
Abstrak (Inggris)Trend of drinking coffee nowadays increased the opportunity of coffee shops business for more develop. The number of coffee shops still count and it followed by the need to increase the value of customer satisfaction. Attributes of customer satisfaction will be used as indicator of measuring productivity and the viability of the coffee shops in the future. Knowledge of customer satisfaction must be balanced by the follow-up such as how much consumers willing to recommended the coffee shops (willingness to recommended) and the level of consumer loyalty. The purpose of this study to determine the characteristics of consumers, the relationship between each attribute of consumer satisfaction, and to analysis of consumer loyalty of coffee consumer at coffee shops in Purwokerto. The research was conducted by surveying three coffee shops ini Purwokerto area, namely Society Coffee, Praketa Kopi, and Singgah Book & Coffee, with the object of this research was being coffee consumers with a minimum age of 17 years old and they had being the coffee consumer one of the selected coffee shops minimum three times. The results showed that 1) most of the consumers were satisfied at level 75.80 percent. 2) The consecutively of consumer satisfaction attributes from the first place is taste and price belongs to first quadrant, facility belongs to second quadrant; menus variant and promotion belongs to third quadrant; and location belongs to forth quadrant. 3) the level of consumer loyalty is high and in a good category
Kata Kunciatribut kepuasan konsumen, kedai kopi, loyalitas konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Dyah Ethika N, M.P
Nama Pembimbing 2Indah Widyarini, S.P, M.Sc
Tahun2020
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0517 seconds.