View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A016088
Nama MahasiswaDEVIN ELLARDO DAMARA
Judul ArtikelAnalisis Efisiensi Usaha dan Tingkat Kesejahteraan Pengrajin Tape Ketan di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha tape ketan yang merupakan makanan khas Kabupaten Kuningan yang mempunyai keunikan dibandingkan dengan daerah lain yaitu tape ketannya dibungkus menggunakan daun jambu air dan dikemas dalam ember. Penelitian ini mengambil “Analsis Efisiensi Usaha dan Tingkat Kesejahteraan Pengrajin Tape Ketan di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi usaha dari pengrajin tape ketan dan mengetahui tingkat kesejahteraan dari pengrajin tape ketan di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode sensus. Adapun teknik pengambilan data diperoleh secara langsung dari responden melalui observasi dan wawancara dengan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efisiensi usaha menggunakan analisis R/C Rasio, sedangkan untuk analisis tingkat kesejahteraannya dengan cara membandingkan pendapatan perkapita perbulan dari keluarga pengrajin tape ketan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang berlaku di Kabupaten Kuningan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R/C Rasio dari usaha tape ketan di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan adalah sebesar 1,62. Nilai R/C Rasio yang lebih besar dari satu artinya usaha tersebut sudah efisien serta menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. Sebagian besar dari keluarga pengrajin tape ketan di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan dapat dikatakan sejahtera karena pendapatan perkapita per bulan sudah lebih besar daripada UMK yang berlaku di Kabupaten Kuningan. Implikasi dari penelitian ini pengrajin tape ketan diharapkan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor produksi yang digunakan dan mulai memasarkan produknya secara online.
Abstrak (Inggris)This research was motivated by the sticky tape business which is a typical food of Kuningan Regency which is unique compared to other regions, namely the sticky tape wrapped in water apple leaves and packed in buckets. This research takes the title "Analysis of Business Efficiency and Welfare Level of Ketan Tape Craftsmen in Cibeureum District, Kuningan Regency". This research aims to analyze the business efficiency of the ketan tape craftsmen and to determine the level of welfare of the ketan tape craftsmen in Cibeureum District, Kuningan Regency. The number of respondents in this study were 32 people using the census method. The data collection techniques were obtained directly from respondents through observation and interviews with questionnaires.The analytical method used in this research is business efficiency analysis using R / C Ratio analysis, while for the analysis of the level of welfare by comparing the monthly income per capita of the tape ketan craftsman's family with the Regency Minimum Wage (UMK) in Kuningan RegencyThe results of this research indicate that the R / C ratio value of the ketan tape business in Cibeureum District, Kuningan Regency is 1.62. An R / C Ratio value that is greater than one means that the business is efficient and profitable and feasible to develop. Most of the ketan tape craftsmen families in Cibeureum District, Kuningan Regency can be said to be prosperous because the income per capita per month is already greater than the UMK prevailing in Kuningan Regency. The implications of this research are the sticky tape craftsmen are expected to pay more attention to the production factors used and start marketing their products online.
Kata KunciEfisiensi Usaha, Tingkat Kesejahteraan, Tape Ketan
Nama Pembimbing 1Dra. Dijan Rahajuni, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Goro Binardjo, M.Si.
Tahun2021
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0586 seconds.