View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015043
Nama MahasiswaMERINA WIDYA SEKARPUTRI
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TAPE KETAN DI KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT
AbstrakKuningan merupakan sebuah Kabupaten sentra produksi pengolahan tape ketan yang telah melahirkan banyak pengusaha home industry dengan merek atau label usaha masing-masing, terdapat 61 home industry di Kabupaten Kuningan. Pengusaha home industry tape ketan paling tua di Kabupaten Kuningan adalah tape ketan bu Misrah, tape ketan bu Murnah, dan tape ketan mas Heru. Permasalahan dalam penelitian adalah pengusaha home industry tape ketan sudah cukup banyak di Kuningan Jawa Barat sehingga membuat posisi persaingan antar merek tape ketan di pasar menjadi ketat. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Hal ini sejalan dengan konsep pemasaran yang pertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen, dan berorientasi pada konsumen. Produsen tape ketan perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian tape ketan, sehingga keinginan dan kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen yang membeli tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat (2) Menganalisis faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat (3) Mengetahui faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa home industry tape ketan yang berada di Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada bulan September hingga Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dan penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang diperoleh sampel 120 responden konsumen tape ketan. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwaa: (1) Karakteristik konsumen pembeli tape ketan di Kabupaten Kuningan yakni sebagian besar berumur antara 29 sampai 35 tahun, berjenis kelamin laki-laki, kebanyakan konsumen tape ketan sudah menikah, kebanyak lulus pendidikan tinggi, pekerjaan sebagai pegawai swasta, pendapatan konsumen antara Rp3.000.000,00 sampai Rp4.000.000,00 perbulan dan dengan intensitas mengkonsumsi/pembelian tape ketan sebanyak 1x/bulan, (2) Faktor-faktor yang mempengeruhi konsumen dalam membeli tape ketan di Kabupaten Kuningan terdiri dari enam faktor, yaitu faktor kualitas produk, lokasi dan pengaruh lingkungan, faktor psikologis dan pemasaran, faktor produk dan individu, faktor atribut produk, faktor harga dan sosial, faktor pribadi, (3) Faktor yang paling dominan atau paling penting bagi konsumen dalam pembelian tape ketan di Kabupaten Kuningan adalah faktor kualitas produk, lokasi dan pengaruh lingkungan dengan nilai varian sebesar 27,77%, nilai varian yang lebih besar menunjukan pengaruh yang lebih besar terhadap pembelian produk tape ketan.
Abstrak (Inggris)Kuningan is a central district of glutinous tape processing production that has given birth to many home industry entrepreneurs with their respective brands or business labels, there are 61 home industries in Kuningan Regency. The elder entrepreneur of home industry glutinous tape in Kuningan Regency is glutinous tape bu Misrah, glutinous tape bu Murnah, and glutinous tape mas Heru. The problem in the research is that the entrepreneurs of home industry glutinous tape are enough in Kuningan West Java to make the position of competition between brands of glutinous tape in the market become tight. The requirement that must be met by a company in order to be successful in competition is to try to achieve the goal of creating and retaining customers. This is in line with the concept of marketing that provides satisfaction to the wants and needs of consumers, and consumer-oriented. Glutinous tape manufacturers need to know the factors that influence consumers in purchasing glutinous tape, so that consumers' wants and needs can be met. The purpose of this study is: (1) Knowing the characteristics of consumers who buy glutinous tape in Kuningan Regency of West Java (2) Analyzing factors - factors considered by consumers in the purchase of glutinous tape in Kuningan Regency of West Java (3) Knowing the most dominant factor considered by consumers in the purchase of glutinous tape in Kuningan Regency of West Java. This research was conducted in several home industry glutinous tape located in Kuningan Regency, West Java in September to October 2020. The research method used was survey method and sample determination using Accidental Sampling method obtained by sample of 120 consumer respondents of glutinous tape. The analysis used is the analysis of factors. The results showed that: (1) Consumer characteristics of glutinous tape buyers in Kuningan Regency, namely most aged between 29 to 35 years, male gender, most glutinous tape consumers are married, many pass higher education, jobs as private employees, consumer income between Rp3,000,000.00 to Rp4,000,000.00 per month and with the intensity of consuming / purchasing glutinous tape as much as 1x / month, (2) Factors that affect consumers in buying glutinous tape in Kuningan District consists of six factors, namely product quality factors, location and environmental influence, psychological and marketing factors, product and individual factors, product attribute factors, price and social factors, personal factors, (3) The most dominant or most important factor for consumers in purchasing glutinous tape in Kuningan Regency is the product quality factor, location and environmental influence with a variant value of 27.77% , the value of larger variants indicates a greater influence on the purchase of glutinous tape products.
Kata KunciTape, Perilaku Konsumen, Analisis Faktor, Kabupaten Kuningan
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Ulfah Nurdiani, S.P., M.Sc.
Tahun2021
Jumlah Halaman21
Page generated in 0.05 seconds.