View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1F013038
Nama MahasiswaRIZKI CLAUDIA PUTRI
Judul ArtikelSTUDI GEOLOGI DAN KONTROL STRUKTUR GEOLOGI TERHADAP MORFOLOGI DAERAH BODAS, KECAMATAN KANDANGSERANG, KABUPATEN PEKALONGAN, JAWA TENGAH
AbstrakDaerah Bodas merupakan daerah yang cukup menarik untuk dilakukan penelitian, karena pada daerah ini terdapat beragam struktur geologi yang mengakibatkan adanya perbedaan kemiringan lapisan pada litologi yang ada pada daerah penelitian. Untuk mengetahui kontrol struktur geologi terhadap morfologi daerah penelitian maka dilakukan pemetaan terhadap unsur struktur geologi, karena salah satu penyebab terbentuknya kenampakan geomorfologi yang ada pada saat ini salah satunya dipengaruhi oleh tenaga endogen. Kajian struktur geologi pada Daerah Bodas dilakukan guna mengetahui jenis – jenis struktur geologi yang ada dan pengaruhnya terhadap pembentukan kenampakan morfologi yang ada pada saat ini. Penelitian dilakukan dengan interpretasi kelurusan melalui citra DEM, pengukuran data – data kekar, sesar, serta rekonstruksi lipatan melalui penampang sayatan geologi. Gambaran struktur geologi dari data primer dikombinasikan dengan data geomorfologi yang ada. Kenampakan morfologi pada Daerah Bodas sangat dikontrol oleh struktur geologi yang ada seperti, Satuan Punggungan Sinklin Gembong yang terbentuk karena struktur lipatan berupa sinklin; Satuan Punggungan Zona Sesar Bodas yang terbentuk karena Sesar Anjak Gembong dan Sesar Mendatar Kanan Kalikeruh; Satuan Blok Sesar Pawuluhan yang terbentuk karena Sesar Anjak Gembong, Sesar Anjak Kanan Pawuluhan serta lipatan seret yang besar; Satuan Lembah Antiklin Bangsal yang terbentuk karena struktur lipatan berupa antiklin; dan Satuan Bukit Intrusi Karangnongko yang terbentuk karena Intrusi diabas.
Abstrak (Inggris)Bodas area is an interesting area for research. This area has several different lithologies with different slopes because of structural geology. The mapping part is important to know which geological structure that caused the change in morphology, because endogen Force play a role in the geomorphology that formed. The types of structural geology and its relation to morphology that formed is the main reason that structural geology data is essential. Data gathering on this research consist of map DEM analysis, shear fracture and fault data from fields, and fold reconstruction based on cross section. This method compares the structural geology data and geomorphological data. Based on the research structural geology in this play significant role over morphology that formed. This area has four geological structure, Gembong Thrust Slip Fault, Kalikeruh Reverse Right Slip Fault, Pawuluhan Left Slip Fault, Gembong Fold Zone. This area has also five geomorphological units that controlled by structure, Gembong Synclinal Hill which controlled mainly by Gembong Fold Zone, Bodas Fault Zone Area is controlled by Gembong Thrust Slip Fault and Kalikeruh Reverse Right Slip Fault, Pawuluhan Fault Blocks Area is controlled by Gembong Thrust Slip Fault, Pawuluhan Left Slip Fault, and also a big dragfold. Bangsal Anticlinal Valley is formed by anticline that eroded, and Karangnongko Intrusion Hill.
Kata KunciDaerah Bodas, Kabupaten Pekalongan, kondisi geologi, struktur geologi, geomorfologi, kontrol struktur geologi
Nama Pembimbing 1Dr. Asmoro Widagdo, S.T ., M.T
Nama Pembimbing 2Akhmad Khahlil Gibran,S.T., M.T
Tahun2021
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0569 seconds.