View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A116003
Nama MahasiswaDEIFENS GREITSYA JANUAR
Judul ArtikelKETIDAKMAMPUAN BERTANGGUNGJAWAB PADA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA POLRI (Studi Putusan Nomor.2353/Pid.B/2018/Pn.Medan)
AbstrakPutusan Nomor. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan mengadili mengenai seorang anggota Polri (Waka Polres Lombok Tengah) yang menembak mati adik iparnya, namun hakim dalam hal ini tidak menjatuhkan sanksi pidana terhadap Terdakwa dikarenakan dianggap tidak memiliki kemampuan bertanggung jawab sebagaimana diatur dalam Pasal 44 KUHP. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menganalisis penerapan unsur-unsur tindak pidana pembunuhan dan pertimbangan hukum hakim dalam memutus perkara Nomor. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif yang bersifat kualitatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan analisis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode reduksi data, display data dan kategorisasi data. Data sekunder yang terkumpul disajikan secara deskriptif serta dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapanya dalam unsur-unsur tindak pidana pembunuhan dalam Putusan Nomor. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan telah memenuhi. Hakim dalam menjatuhkan Putusan Nomor. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan untuk memerintahkan dikeluarkan dan dirawat dirumah sakit jiwa telah sesuai dengan aspek yuridis, filosofis dan sosiologis.
Abstrak (Inggris)Verdict No. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan prosecuted a member of the National Police (deputy chief of central lombok police) who shot dead his brother-in-law, but the judge in this case did not impose criminal sanctions against the defendant because he was considered to have no ability to be responsible as stipulated in Article 44 of the Criminal Code. The problem examined in this study is analyzing the application of elements of murder crimes and legal considerations of judges in deciding the case No. 2353 / Pid.B / 2018 / Pn.Medan. The approach method used is normative juridical which is qualitative with the method of statutory approach and analysis. The type of data used is secondary data consisting of primary, secondary and tertiary legal materials. Data processing method used is data reduction method, data display and data categorization. Secondary data collected is presented descriptively and analyzed using qualitative analysis. The results of this study showed that its application in the elements of the crime of murder in the Verdict No. 2353 / Pid.B / 2018 / Pn.Medan has met. The judge in sentencing Decree No. 2353/Pid.B/2018/Pn.Medan to order the release and hospitalized mentally has been in accordance with the juridical, philosophical and sociological aspects.
Kata KunciPembunuhan, Ketidakmampuan Bertanggungjawab, Anggota Polri
Nama Pembimbing 1Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum
Nama Pembimbing 2Rani Hendriana, S.H., M.H
Tahun2021
Jumlah Halaman29
Page generated in 0.0558 seconds.