View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C017122
Nama MahasiswaHARA DINAL SALIM
Judul ArtikelPENERAPAN BENFORD’S LAW DALAM MENDETEKSI POTENSI FRAUD PENGADAAN BARANG DAN JASA (Studi pada Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat indikasi adanya fraud dalam pengadaan barang dan jasa dengan metode langsung di Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Satker Kemendikbud). Alat yang digunakan untuk mendeteksi potensi fraud dalam penelitian ini adalah Benford’s Law yang merupakan hukum yang bisa memprediksi frekuensi muculnya angka tertenu dalam suatu data. Benford’s Law mengatakan bahwa frekuensi kemunculan angka pada digit tertentu tidaklah sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya indikasi terjadinya fraud dalam pengadaan barang dan jasa dengan metode langsung di Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Satker Kemendikbud). Nilai pengadaan yang paling berpotensi adanya fraud yaitu nilai pengadaan yang memiliki dua digit pertama berupa angka 19 seperti Rp 1.900.000, Rp 19.000.000, dan Rp 198.000.000.
Abstrak (Inggris)This study aims to detect whether there are indications of fraud in the procurement of goods and services using the direct method at the Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Satker Kemendikbud). The tool used to detect potential fraud in this study is Benford's Law, which is a law that can predict the frequency of occurrence of certain numbers in data. Benford's Law says that the frequency with which numbers appear in certain digits is not the same. The results of this study indicate that there are indications of fraud in the procurement of goods and services using the direct method at the Satuan Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Satker Kemendikbud). The procurement values with the most potential for fraud were the procurement values that had the first two digits of the number 19, such as Rp.1,900,000, Rp.19,000,000 and Rp.198,000,000.
Kata Kuncifraud, korupsi, benford’s law, pengadaan barang dan jasa, Kemendikbud.
Nama Pembimbing 1Dr. Yanuar E Restianto, S.E, M.Acc, Ak, CRBD, CPA, CA
Nama Pembimbing 2Yudha Aryo Sudibyo, S.E, M.Sc, Akt, Ph.D, CA, ACPA
Tahun2021
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0629 seconds.