View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L016030
Nama MahasiswaNURUL HIDAYAT
Judul ArtikelEVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed dengan menggunakan dua aspek evaluasi model CIPP yaitu aspek process dan aspek product. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dari 149 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed TA 2017, 2018, dan 2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring yang ditinjau dari aspek process memperoleh skor 78,24 atau termasuk dalam kategori baik, aspek product memperoleh skor 64,74 atau termasuk dalam kategori cukup, dan diketahui sebagian besar mahasiswa lebih nyaman jika metode yang digunakan untuk penyampaian materi, interaksi dan diskusi, dan proses asesmen menggunkan metode sinkron (synchronous), sebagian besar mahasiswa lebih nyaman mengerjakan soal atau tugas berbentuk jawaban uraian. Namun demikian, masih diperlukan perbaikan terkait kualitas kondisi jaringan, kualitas penyajian materi, dan intensitas tugas yang diberikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed secara keseluruhan sudah berjalan baik sehingga bisa dilanjutkan.
Abstrak (Inggris)This study aims to explain the application of online learning in the Economic Education Study Program of FEB Unsoed by using two evaluation aspects of the CIPP model, namely the process aspect and the product aspect. This research uses descriptive quantitative method. The types of data used are primary data and secondary data obtained from 149 students of the Economic Education Study Program of FEB Unsoed Academic Year 2017, 2018, and 2019. Sampling used the proportionate stratified random sampling technique. The research instrument used was a questionnaire. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis. The results showed that the application of online learning in terms of the process aspect obtained a score of 78.24 or included in the good category, the product aspect received a score of 64.74 or included in the sufficient category, and it is known that most students are more comfortable if the method used is to deliver the material. , interaction and discussion, and the assessment process using the synchronous method, most students are more comfortable working on questions or assignments in the form of descriptive answers. However, improvements are still needed related to the quality of network conditions, the quality of material presentation, and the intensity of the tasks given. From the research results it can be concluded that the application of online learning in the Economic Education Study Program of FEB Unsoed as a whole has gone well so that it can be continued.
Kata KunciEvaluasi, Penerapan pembelajaran daring, CIPP Model
Nama Pembimbing 1Drs. Bambang Sunarko, M.M.
Nama Pembimbing 2Dra. Suci Indriati, M.Si.
Tahun2021
Jumlah Halaman22
Page generated in 0.0559 seconds.