View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1H016010
Nama MahasiswaDISA OBI SOBRIYAH
Judul ArtikelTHE EFFECT OF EMPLOYER BRANDING TOWARDS MILLENNIAL’S JOB CHOICE
AbstrakPenelitian ini berjudul “Pengaruh Employer Branding terhadap Millennial’s Job Choice”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja perusahaan, kompensasi dan manfaat, reputasi, visi dan kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial terhadap niat Milenial untuk melamar pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa tingkat akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki keinginan melamar pekerjaan dan lahir antara tahun 1995-2000. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan estimasi interval. Hasil penghitungan sampel dalam penelitian ini didapatkan sampel 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas yaitu lingkungan kerja (X1), kompensasi dan tunjangan (X2), reputasi (X3) berpengaruh besar terhadap niat Milenial untuk melamar pekerjaan. Penelitian ini juga memberikan hasil bahwa secara parsial variabel lingkungan kerja, variabel kompensasi dan tunjangan dan variabel reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melamar pekerjaan, sedangkan variabel visi dan kepemimpinan, dan variabel sosial. dan tanggung jawab tidak berpengaruh signifikan terhadap niat melamar pekerjaan. Variabel yang paling berpengaruh melalui uji t dalam penelitian ini adalah variabel kompensasi dan tunjangan yang merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap niat melamar pekerjaan dengan nilai t tabel 4,492 dan nilai probabilitas kesalahan 0,000. Implikasi dari kesimpulan di atas adalah, perusahaan sosial atau swasta harus membangun lingkungan kerja yang mendukung di antara karyawannya karena lingkungan kerja memiliki peran penting dalam memelihara organisasi, lingkungan kerja yang mendukung dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Kompensasi dan tunjangan menjadi faktor yang menarik talent untuk bergabung dengan perusahaan, dari kompensasi dan benefit dapat menciptakan kemitraan jangka panjang antara perusahaan dan karyawan, karena karyawan bersedia untuk lebih mendedikasikan dirinya dalam melakukan pekerjaannya. Untuk variabel reputasi, reputasi perusahaan penting untuk mempertimbangkan karir talenta di masa depan. Reputasi tempat kerja sangat penting untuk membangun branding dan pengembangan karier. Reputasi perusahaan akan menentukan bagaimana perusahaan menjaga dan menciptakan lingkungan kerja yang baik sehingga reputasi perusahaan dapat terjaga. Para responden setuju bahwa ketika mereka melamar pekerjaan, mereka akan mengetahui bagaimana keadaan perusahaan.
Abstrak (Inggris)This research is entitled “The Effect of Employer Branding towards Millennial’s Job Choice”. The purpose of this study was to analyze the effect of company’s work environment, compensation and benefit, reputation, vision and leadership, and social and responsibility on Millennial’s intention to apply for a job. This type of research is quantitative. The data used are primary data through questionnaires distributed to final-year college students. The population in this study were the college students who have a desire to apply for a job and born between year 1995-2000. The sample used in this study was using interval estimate. The results of the sample calculation in this study obtained a sample 100 respondents. The method of analysis in this study is multiple regression. Based on the result of research and data analysis, it shows that simultaneously the independent variables are work environment (X1), compensation and benefit (X2), reputation (X3) have a major impact on Millennial’s intention to apply for a job. This research also gives the results that partially the variable of work environment, variable of compensation and benefit and the variable of reputation has a positive and significant effect on intention to apply for a job, while the variables of vision and leadership, and variable of social and responsibility have no significant effect on intention to apply for a job. The most influence variable through the t test in this study is the variable of compensation and benefit which is the most influential variable on intention to apply for a job with the value of t-table of 4,492 and value of error probability of 0,000. The implication of conclusion above is, social or private company have to build supportive work environment among their employee as work environment has an important role for maintaining organization, Supportive work environment can increase the productivity of the company. Compensation and benefits has been a factor that attract the talent to join the company, from compensation and benefits can create a long-term partnership between the company and employees, as the employee are willing to dedicate themselves more doing their job. For the reputation variable, reputation of the company is important for considering the talent’s future careers. Workplace reputation is critical to build branding and career development. The company's reputation will determine how the company maintains and creates a good work environment so that the company's reputation can be maintained. the respondents agree that when they apply for a job, they will find out how is the company.
Kata KunciEmployer Branding, Millennial, Career Choice
Nama Pembimbing 1Dr. Siti Zulaikha Wulandari, S.E., M.Si
Nama Pembimbing 2Retno Kurniasih, SE, M.Si
Tahun2021
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0768 seconds.