View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A116029
Nama MahasiswaTAZYA AULIA PERTIWI
Judul ArtikelAnalisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Pengunjung dalam Upaya Pengembangan Agrowisata “Sweetberry” di Kabupaten Cianjur
AbstrakSekarang ini banyak berkembang tempat wisata bertema yang sama dengan Agrowisata “Sweetberry” di kawasan Cianjur, dengan begitu semakin banyak pesaing. Fasilitas yang ada di Agrowisata “Sweetberry” masih terbilang sangat sederhana sehingga Agrowisata “Sweetberry” ingin melakukan pengembangan untuk dapat bersaing dengan Agrowisata yang ada dikawasan Cianjur dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik pengunjung Agrowisata “Sweetberry”, (2) Mengidentifikasi persepsi pengunjung Agrowisata “Sweetberry”, (3) Menghitung besarnya nilai kesedian membayar (Willingnnes To Pay) dari pengunjung Agrowisata “Sweetberry”, (4) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Willingness To Pay (WTP) dari pengunjung Agrowisata “Sweetberry”. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Karakteristik dan persepsi pengunjung, Analisis CVM (Contingent Valuation Method), serta Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Nilai WTP Pengunjung Agrowisata “Sweetberry”. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penelitian berdasarkan segmentasi pengunjung didominasi oleh laki-laki dengan rata-rata usia antara 35 tahun, kemudian status di dominasi oleh konsumen yang sudah menikah, dengan tingkat pendidikan tertinggi adalah 16 tahun atau Strata 1, pekerjaan yang mendominasi adalah pegawai swasta, rata-rata respoden yang memiliki pendapatan sebesar Rp6.862.000, dan jumlah tanggungan yang dimiliki responden sebanyak 3 orang, (2) Persepsi pengunjung Agrowisata “Sweetberry” berdasarkan aspek kognitif, afektif dan konaitif dapat disimpulkan termasuk kedalam kategori setuju dan masing-masing memiliki rata-rata sebesar 3,97; 3,68 dan 3,67, (3) Nilai rata-rata maksimum WTP pengunjung sebesar Rp23.443,038 hal tersebut bertambah sebesar Rp8.443,038 dari tiket masuk awal yang sebesar Rp15.000, (4) Faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar secara signifikan pada selang kepercayaan 95% adalah jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, dan jumlah tanggungan.
Abstrak (Inggris)Nowadays there are many tourist attractions with the same theme as “Sweetberry” Agro-tourism in the Cianjur area, with more and more competitors. Existing facilities in “Sweetberry” Agro-tourism are still fairly simple, so “Sweetberry” Agro-tourism wants to develop to be able to compete with existing Agro-tourism in the Cianjur area and its surroundings. This study aims to: (1) identify the characteristics of visitors to “Sweetberry” agro-tourism, (2) identify the perceptions of “Sweetberry” agro-tourism visitors, (3) calculate the value of willingness to pay (Willingnnes To Pay) from visitors to “Sweetberry” agro-tourism,(4) Knowing the factors that affect the value of Willingness To Pay (WTP) of visitors “Sweetberry” Agro-tourism. The analytical method used is the analysis of visitor characteristics and perceptions, CVM analysis (Contingent Valuation Method), and Analysis of the Factors that Affect the WTP Value of “Sweetberry” Agro-tourism Visitors. The results showed: (1) Research based on visitor segmentation was dominated by men with an average age between 35 years, then the status is dominated by married consumers, with the highest education level is 16 years, the dominating occupation is private employees, the average respondent who has an income of Rp. 6. 862,000, and the number of dependents owned by respondents as many as 3 people, (2) Perceptions of visitors to “Sweetberry” Agro-tourism based on cognitive, affective and connective aspects can be concluded that they fall into the agreed category and each has an average of 3.97; 3.68 and 3.67, (3) The maximum average value of WTP visitors is IDR 23,443,038, this is an increase of IDR 8,443,038 from the initial entrance ticket of IDR 15,000, (4) Factors that significantly influence willingness to pay are the 95% confidence interval is level of gender, education, income, and number of family dependent.
Kata KunciAgrowisata, kesediaan membayar, faktor-faktor yang mempengaruhi.
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Dyah Ethika Noechdijati, M.P.
Nama Pembimbing 2Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D
Tahun2020
Jumlah Halaman20
Page generated in 0.06 seconds.