View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015044
Nama MahasiswaPERPETUA LARAS AJENG PANGESTI
Judul ArtikelEfisiensi Pemasaran Kubis di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga
AbstrakKubis merupakan salah satu produk hortikultura yang banyak dimanfaatkan dalam industri pangan. Kecamatan Karangreja terutama Desa Kutabawa merupakan salah satu daerah penghasil kubis di Kabupaten Purbalingga. Kubis yang telah diproduksi petani selanjutnya dipasarkan baik pemasaran di daerah penghasil maupun di daerah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui saluran pemasaran komoditas kubis, 2) menganalisis efisiensi pemasaran dilihat dari nilai marjin pemasaran pada masing-masing pola saluran pemasaran, 3) menganalisis efisiensi pemasaran dilihat dari bagian harga yang diterima oleh petani (farmer’s share) pada masing-masing pola saluran pemasaran, 4) mengetahui variasi harga komoditas kubis, dan 5) menganalisis efisiensi teknis dan ekonomis pola saluran pemasaran kubis di Desa Kutabawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penelitian diaksanakan di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga pada bulan Januari 2020. Pengambilan sampel petani sebanyak 56 orang diperoleh menggunakan metode simple random sampling dan lembaga pemasaran sebanyak 33 orang diperoleh menggunakan metode snow ball sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share, keuntungan dan biaya pemasaran, koefisien variasi harga, serta analisis efisiensi teknis dan ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat empat saluran pemasaran kubis di Desa Kutabawa, 2) berdasarkan nilai marjin pemasaran, saluran pemasaran yang efisien adalah saluran IV, 3) berdasarkan nilai farmer’s share, saluran pemasaran yang efisien adalah saluran IV, 4) koefisien variasi harga di tingkat petani tidak stabil sedangkan di tingkat konsumen lebih stabil, 5) secara teknis saluran II lebih efisien dibanding saluran pemasaran lainnya, sedangkan secara ekonomis saluran pemasaran IV lebih efisien dibanding saluran pemasaran lainnya.
Abstrak (Inggris)Cabbage is a horticultural product that is many used in the food industry. Karangreja especially Kutabawa Village, is one of the cabbage-producing areas in Purbalingga. The cabbage that has been produced by farmers is then marketed both in the producing areas and in other areas. This research aims to 1) determine the channel pattern of cabbage commodity marketing, 2) analyzing marketing efficiency seen from the marketing margin value of each marketing channel pattern, 3) analyzing marketing efficiency seen from the share of prices received by farmers (farmer’s share) in each marketing channel pattern, 4) knowing the variation of cabbage commodity prices, and 5) analyzing the technical and economic efficiency of the cabbage marketing channel patterns in Kutabawa Village. The research method used is a survey method. The research was conducted in Kutabawa Village, Karangreja District, Purbalingga Regency in January 2020. Sampling of 56 farmers was obtained using simple random sampling method and 33 marketing agencies were obtained using the snow ball sampling method. The analytical method used is the marketing channel, marketing margin, farmer's share, marketing profits and costs, the coefficient of price variations, and technical and economic efficiency analysis. The results showed that 1) there were four marketing channels for cabbage in Kutabawa Village, 2)based on the marketing margin value, the efficient marketing channel is channel IV, 3)based on the value of farmer’s share, an efficient marketing channel is channel IV, 4) the coefficient of price variation at the farm level is unstable while at the consumer level is more stable, 5) technically channell II is more efficient than other marketing cannels, while economically channel IV is more efficient than other marketing channels.
Kata Kuncikubis, marjin pemasaran, efisiensi pemasaran
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Pudji Hastuti Purwantini, M. P.
Tahun2021
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0615 seconds.