View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F2C019004
Nama MahasiswaALMIRA YOSHE ALODIA
Judul ArtikelAIESEC Exchange programme Sebagai Media Globalisasi Komunikasi Multikultural Dalam Membangun Intercultural Awareness
AbstrakEra globalisasi yang mengaburkan batas-batas negara mengharuskan manusia untuk bisa bertahan di tengah keberagaman yang ada. Salah satu hal yang perlu dimiliki setiap individu untuk mencapai hal tersebut adalah memiliki kesadaran akan perbedaan dimana hal ini penting untuk membangun kompetensi komunikasi antar budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana exchange programme dapat membangun intercultural awareness pesertanya hingga pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi komunikasi multikultural di kemudian hari, berfokus pada Global Citizen Programme yang diselenggarakan oleh AIESEC Purwokerto. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan studi literatur. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sementara informan yang digunakan di sini berjumlah enam orang peserta exchange programme ke Vietnam, Thailand (dua orang), Ceko, Slovakia, dan Ukraina. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa exchange programme dapat menjadi media dalam membentuk intercultural awareness melalui paparan internasional yang didapatkan dari pengalaman peserta ketika berhadapan dengan perbedaan budaya, pola pikir, cara bersikap, dan juga perbedaan kemampuan bahasa. Pengalaman ini dapat membantu peserta untuk memiliki kemampuan beradaptasi dan menjadi pribadi yang lebih fleksibel, dapat menyesuaikan diri dengan hal baru tanpa menghakimi yang berujung pada rasa empati. Artinya, bahwa dalam tahap ini masing-masing individu sudah sampai pada tahap penerimaan pada hal baru. Intercultural awareness adalah tingkatan dimana individu tidak lagi menujukkan sikap penolakan terhadap budaya baru yang dihadapi.
Abstrak (Inggris)The globalization era which blurred the border of each country has pushed human to survive within the diversity. To achieve that, every individual is supposed to be aware about the diversity which becomes an important thing to improve the intercultural communication competence. This study aimed to explain on how an exchange programme can build the intercultural awareness towards its participants which will increase the intercultural communication competence in the future, focusing Global Citizen Programme hold by AIESEC Purwokerto. The qualitative approach is used in this study, with the in-depth interview and literature review as the method to collect the data. This study also use the purposive sampling method to find the six informans who once became the exchange participant to Vietnam, Thailand (two participants), Czech, Slovakia, and Ukraine. The results show that the exchange programme can be a medium to build the intercultural awareness through the international exposure that come from the participant’s experience while they’re facing the cultural differences, mindset, behaviour, and the level of language skill. The experience can help the participants to increase their ability to adapt well and to be the flexible person who can adapt themselves to the new things without judging which leads to empathy. Means that on this level, the participants have already reached the level of acceptance. Intercultural awareness is a condition when an individual does not show the rejection towards new things they are facing.
Kata Kunciexchange programme, intercultural awareness, komunikasi
Nama Pembimbing 1Dr. Toto Sugito, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. S. Bekti Istiyanto, M.Si
Tahun2020
Jumlah Halaman19
Page generated in 0.0504 seconds.