View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008093
Nama MahasiswaNINDYA KARTIKA PUTRI
Judul ArtikelPOLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA Studi Kasus Pola Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Menumbuhkan Kerukunan Antarumat di Purwokerto
AbstrakPenelitian ini berjudul “POLA KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA, Studi Kasus Pola Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam Menumbuhkan Kerukunan Antarumat di Purwokerto“. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi dalam Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) dalam menumbuhkan kerukunan antar umat di Purwokerto. Untuk tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dan kajian teori pola komunikasi sebagai theoretical framework. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil dari Penelitian ini adalah pola komunikasi yang terdapat di dalam dalam FKUB adalah komunikasi dua tahap, dimana dalam mengambil kebijakan dilakukan secara terbuka dan musyawarah. Komunikasi formal yang dilakukan antar tokoh agama dalam FKUB di Purwokerto dengan umatnya dilaksanakan secara rutin dan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan oleh FKUB Purwokerto. Sedangkan komunikasi informal yang dilakukan oleh antar tokoh agama di Purwokerto dengan umatnya dilaksanakan dalam berbagai bentuk, seperti kunjungan biasa atau silaturahmi, mengadakan diskusi terbuka, penyelenggaraan perlombaan dan lainnya. Interaksi tokoh agama dengan umatnya dilakukan secara rutin degan mengadakan pertemuan tiap bulannya agar para tokoh agama dapat menumbuhkan hubungan kerukunan umatnya sehingga potensi konflik yang terdapat didalam umat beragama dapat diredam dan dikendalikan, sehingga konflik antar agama dapat dihindarkan.
Abstrak (Inggris)This research entitled “Interfaith Community Communication Pattern (Case Study of Communication Pattern in Religious Community Harmony Forum (FKUB) in Growing Community Harmony in Purwokerto)” the research aims to know communication pattern in religious community harmony forum (FKUB) in growing community harmony in Purwokerto. Thus, researcher was using case study and communication pattern theoretical study approaches as theoretical framework. Purposive sampling was the sampling method. The result shows that communication pattern inside FKUB was two stages, whereas in decision making was done openly and discussion. Every religion representative was able to give opinion and it will be considered by FKUB advisor to make decision, thus the decision was not one-sided. Formal communication between religious figure in FKUB Purwokerto with their follower was done routinely and based on program that has been set by FKUB Purwokerto. While, informal communication was done by many forms, such as silaturahmi or visiting, holding open discussion, holding competition and others. Religion figure interaction with their follower was done routinely by holding meeting every month to raise harmony among followers in reducing conflict and able to control, thus interfaith conflict can be avoided.
Kata KunciPola Komunikasi, studi kasus, kerukunan, umat beragama
Nama Pembimbing 1Toto Sugito
Nama Pembimbing 2Chusmeru
Tahun2012
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0554 seconds.