View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B008048
Nama MahasiswaMARDIYATUN NISYAH
Judul ArtikelTENAGA KERJA OUTSOURCING (STUDI IMPLEMENTASI SISTEM OUTSOURCING DI PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN PURWOKERTO)
AbstrakSalah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian negara adalah diterapkannya sistem outsourcing dalam dunia usaha baik sektor publik maupun sektor privat. Hal ini selain untuk menciptakan efisiensi dalam pengelolaan perseroan, juga untuk menyerap tenaga kerja lebih banyak, khususnya di lingkungan BUMN. Namun dalam pengimplementasiannya tidak dirasakan seimbang manfaatnya antara pemberi kerja dengan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem outsourcing di sektor publik, khususnya di PT PLN (Persero) APJ Purwokerto. Adapun fokus yang dikaji adalah konten dan konteks kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dipilih dengan menemukan key informan dan selanjutnya menggunakan snowball sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menggunakan metode analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi sistem outsourcing PT PLN (Persero) APJ Purwokerto terdapat kelemahan-kelemahan. Dalam hal ini tenaga kerja yang paling ditekankan untuk bekerja maksimal tetapi kurang didukung dengan kesejahteraan yang layak dari vendor ataupun dari PT PLN. Hal ini ditambah lagi dengan kurangnya perhatian terhadap UU Ketenagakerjaan dan kurangnya tertib administrasi dari pelaksana kebijakan menambah implementasi sistem outsourcing ini lebih memberatkan tenaga kerja.
Abstrak (Inggris)One of the government's efforts to increase the country's economy is the implementation of outsourcing in the corporate domain both public and private sectors. Besides to create efficiencies in the company’s management, it is for absorbing more manpower, especially in governance corporate. But in its implementation is not perceived balance of the benefits between the corporate and manpower. This research aims to describe the implementation of outsourcing system in the public sector, particularly in PLN, Inc., Service and Network of Purwokerto Area. The focus of research is the content and context of the policy. This research used qualitative research method. The informants were chosen by finding key informan and using snowball sampling. Data were collected by using interviews, documentation, and observation. Researcher used Miles and Huberman’s interactive analysis method which included data collection, data reduction, data display and drawing conclusion. The result showed that there are some weaknesses of the implementation outsourcing system in PLN, Inc., Service and Network of Purwokerto Area. In this outsourcing system, the manpower is the most stressed to work maximally but not supported with adequate welfare from the vendor or from PLN, Inc. this is added with the lack of attention of manpower law and less administration orderly from the implementers increase the implementation of outsourcing is more burdensome manpower.
Kata KunciOutsourcing, Sektor Publik, Tenaga Kerja, Implementasi Kebijakan
Nama Pembimbing 1Drs. Mahmud Setiahadi, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Darmanto SS, M.Kes., M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0615 seconds.