View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F0A009077
Nama MahasiswaDESI TRIPRASTIKA
Judul ArtikelUpaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Kuis Audio-Visual pada Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri III Purwokerto Lor The Use of Audio-Visual Quiz To Increase Vocabulary Skill on the 3rd Grade Students of Purwokerto Lor 3 State Elementary School
AbstrakRINGKASAN Kerja Praktik ini berjudul Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Kuis Audio-Visual pada Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri III Purwokerto Lor. Tujuan dari Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui kemampuan kosakata bahasa Inggris dan meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media audio-visual. Penggunaan media audio-visual diharapkan mampu mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Inggris pada anak-anak. Pembelajaran bahasa Inggris pada kelas 3 di SDN III Purwokerto Lor masih sangat sederhana. Guru hanya menggunakan buku dan jarang menggunakan media untuk menyampaikan materi. Hal itu menyebabkan siswa menjadi bosan dan mudah kehilangan konsentrasi. Dengan menggunakan kuis audio-visual diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada. Penggunaan kuis audio-visual adalah sebuah inovasi yang baru untuk membuat siswa merasa belajar sambil bermain sehingga mudah dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Dalam penggunaan kuis audio-visual tidak lepas dari beberapa kendala. Kendala tersebut yaitu penguasaan kosakata bahasa Inggris (vocabulary) yang rendah, kondisi kelas yang tidak kondusif baik siswanya yang ribut maupun ruang kelas yang tidak memadai untuk penggunaan kuis audio-visual dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Untuk mengatasi kendala saat penggunaan media kuis media audio-visual maka dilakukan beberapa tindakan solusi, yaitu : 1. Perencanaan Yaitu dengan cara membuat kuis media audio-visual yang sesuai dengan kemampuan siswa. Hal itu perlu diperhatikan karena kuis media audio-visual bersifat untuk memudahkan siswa dalam mengingat vocabulary yang telah diajarkan. 2. Peralatan Kondisi kelas yang kurang memadai bisa diselesaikan dengan cara mempersiapkan peralatan. Peralatan yang diperlukan seperti komputer dan LCD harus sudah dipersiapkan, bahkan peralatan tambahan juga perlu dipersiapkan untuk medukung penggunaan media audio-visual. 3. Pengawasan Pengawasan dibutuhkan untuk mengurangi keributan saat sesi kuis media audio-visual. Pengawasan bisa dilakukan dengan cara mendekati siswa kemudian menanyakan apakah terdapat kesulitan atau bahkan menegur siswa yang ribut. Akhirnya penggunaan kuis audio-visual memberikan efek yang baik pada pembelajaran bahasa Inggris khususnya pembelajaran vocabulary. Siswa menjadi lebih tertarik belajar bahasa Inggris dan fokus pada saat pembelajaran. Berdasarkan data setelah penggunaan kuis audio-visual, terdapat 80% siswa mengalami peningkatan dalam vocabulary.
Abstrak (Inggris)SUMMARY The title of this Job Training is The Use of Audio-Visual to Increase Vocabulary Skill on The 3rd Grade Students of Purwokerto Lor 3 State Elementary School. This is aimed at knowing the vocabulary skill and increasing in English learning. Audio-visual media is used to overcome the barriers in English learning of children. The learning of English language in 3rd grade at Public Elementary School III Purwokerto Lor is still very simple. Teacher just uses textbooks and rarely uses the media to teach the material. It causes the students get bored and easily loss the concentration. By using the quiz of audio-visual it is hoped to overcome the problem. The usage of quiz audio-visual is a new innovation to make the students feel like learning by playing so it will make them easier in learning the vocabularies of English language. Using the quiz of audio-visual can not be separated from some obstacles. These obstacles are the low usage of vocabularies of English language, the class condition that is not conducive in which the students always make noise or insufficient of class room in learning quiz of audio-visual and the difference of student ability. To overcome the obstacles of using the media audio-visual quiz so it is conducted there are some solutions as follows : 1. Planning That is by making quiz of audio-visual is appropriate with the students ability. It is important because quiz of audio-visual has the characteristic to make easier students in remembering the vocabularies that have been studied. 2. Equipment Class condition that is insufficient can be overcome by preparing the equipments. The equipments that are needed like computer and LCD must be prepared and the supplementary equipments is also prepared to support the usage of the media of audio-visual. 3. Controlling Controlling is needed to reduce the noisy while the session quiz of audio-visual. It can be conducted by coming closer to students then asking if there any difficulties or even remind students to quiet. Finally the usage of the quiz of audio-visual can give the good effect in learning the English language especially in learning the vocabulary. The students become more interesting in learning the English language and more focusing while studying. Based on the data after the usage of the quiz of audio-visual there are 80% students who experience the increment in vocabulary.
Kata KunciVocabulary, audio-visual
Nama Pembimbing 1Tuti Purwati, S.S, M.Hum
Nama Pembimbing 2M. Taufiqurrohman, S.S, M.Hum
Tahun2012
Jumlah Halaman0
Page generated in 0.0603 seconds.