View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A017006
Nama MahasiswaSYIFA NURFADILLAH
Judul ArtikelKEKERASAN DALAM PACARAN (Analisis Isi Kasus Kekerasan dalam Pacaran yang Dimuat dalam Berita Liputan6.com tahun 2017-2020)
AbstrakKekerasan dalam pacaran adalah kekerasan yang terjadi terhadap pasangan yang belum terikat pernikahan meliputi kekerasan fisik, emosional dan ekonomi. Artikel ini menggambarkan sebuah penelitian dengan pendekatan kuantitatif mengenai bagaimana faktor penyebab, bentuk kekerasan, karakteristik pelaku, korban dan hukuman dalam Liputan6.com. Teknik sampling yang digunakan yaitu quota sampling, dengan sample 50 berita online kekerasan dalam pacaran sepanjang tahun 2017-2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam pacaran adalah faktor psikologi (30%). Untuk bentuk kekerasan dalam pacaran yang sering muncul yaitu bentuk kekerasan fisik (56%). Karakteristik pelaku kekerasan dalam pacaran didominasi oleh laki-laki (96%) dengan usia 26-35 tahun (54%) dikaji menggunakan teori konflik Ralf Dahendorf. Selain itu, terdapat karakteristik korban kekerasan dalam pacaran yang didominasi oleh perempuan (96%) dengan usia 17-25 tahun (22%) dikaji menggunakan teori gender. Sanksi yang diterima pelaku tindak kekerasan dalam pacaran yaitu hukuman penjara (58%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik laki-laki ataupun perempuan sebaiknya menjaga sikap dan karakter dengan pengendalian emosi yang dimiliki dalam menjalin sebuah hubungan pacaran. Selain itu, media berita juga sebaiknya selalu menyediakan berita yang akurat dan jelas mengenai gambaran, motif, dan informasi yang akan disampaikan kepada para pembaca. Sehingga, tindakan kekerasan dalam hubungan pacaran dapat dihindari oleh setiap insan manusia.
Abstrak (Inggris)Dating violence is violence that occurs against couples who are not married, including physical, emotional and economic violence. This article describes the causal factors, forms of violence, characteristics of perpetrators, victims and punishments in Liputan6.com. The method used in this research is quantitative content analysis method. The sampling technique used is quota sampling, with a sample of 50 news stories online of dating violence throughout 2017-2020. The results of this study indicate that the factors that cause violence in dating are psychological factors (30%). The form of violence in dating that often appears is the form of physical violence (56%). Characteristics of perpetrators of violence in dating are dominated by men (96%) with the age of 26-35 years (54%) studied using Ralf Dahendorf's conflict theory. In addition, there are characteristics of victims of violence in dating which are dominated by women (96%) with the age of 17-25 years (22%) studied using gender theory. Then for the sanctions received by perpetrators of violence in courtship, namely imprisonment (58%). This study concludes that both men and women should maintain their attitude and character by controlling their emotions in establishing a courtship relationship. In addition, the news media should always provide accurate and clear news regarding the description, motives, and information that will be conveyed to the readers. Thus, acts of violence in dating relationships can be avoided by every human being.
Kata Kuncikekerasan, pacaran, analisis isi, berita online.
Nama Pembimbing 1Rin Rostikawati,M.Si.
Nama Pembimbing 2Dr. Ignatius Suksmadi Sutoyo, M.si
Tahun2021
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0527 seconds.