View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1A018069
Nama MahasiswaANNASTASYA QURNIA FITRI
Judul ArtikelFAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STRESS KERJA PADA GURU SLB SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BATAM
AbstrakLatar Belakang : Stress merupakan suatu ketegangan yang dapat mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stres yang terlalu besar dapat menganggu terlaksananya tugas-tugas yang seharusnya dilakukan dan menganggu prestasi kerja. Faktor yang menyebabkan terjadinya stres kerja pada seorang guru adalah usia, jenis kelamin, masa kerja, lingkungan kerja yang negatif, dan beban kerja yang berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan kejadian stres kerja pada guru SLB. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan populasi guru SLB dan jumlah sampel sebanyak 60 guru menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis mengunakan chi-squre. Hasil Penelitian : Variabel yang berhubungan yaitu usia (0,014), beban kerja mental (0,049), dan konflik peran (0,039), sedangakan variabel tidak berhubungan yaitu jenis kelamin (0,782), masa kerja (0,906), dukungan sosial (0,399). Simpulan : Variabel usia, beban kerja mental dan konflik peran adalah variabel yang berhubungan dengan kejadian stress kerja. Saran : Guru SLB di Kota Batam diharapkan dapat memanajemen waktu mengajar yang padat, sehingga dapat meminimalisir beban kerja mental yang dirasa berat, dan timbulnya konflik peran yang dapat menyebabkan stress kerja Kata Kunci : Stress Kerja, Guru SLB, Beban Kerja Mental
Abstrak (Inggris)Background : Stress is a tension that can affect persons emotions though processes and condition, too much stress can interfete work performance. Factor that cuase work stress are age, gender, years of work, negative work environment and mental workload. The purpose of this study was to determine what factors were associated with the work stress in special school teachers. Methods : This research is quantitative method with cross sectional approach with total sample 60 of population SLB teachers using the total sampling. The instrument are interview using a questionnaire and analyze by chi square. Result : The related variables are age (0.014), mental workload (0.049), and role conflict (0.039), while the unrelated variables are gender (0.782), work period (0.906), social support (0.399). Conclusion : Variables age, mental workload and role conflict are variables that associated with the incidence of work stress Suggestion : The Teachers are expected to manage a busy time, so can minimize the workload that felt too heavy, and the emergence of role conflicts that can cause work stress. Keyword : Work Stress, SLB Teacher, Mental Workload
Kata KunciStress Kerja, Guru SLB, Beban Kerja Mental
Nama Pembimbing 1Nur Ulfah S.KM., M.Sc
Nama Pembimbing 2Suryanto S.KM., M.Sc
Tahun2022
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0561 seconds.