View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A017085
Nama MahasiswaMUHAMMAD HARIZ DAFIANDRA
Judul ArtikelValuasi Ekonomi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Masyarakat di RW 07 dan RW 08 Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data primer pada mahasiwa dan pelaku UMKM di RW 07 dan 08 di Kelurahan Grendeng, Kecamata Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai manfaat dan biaya dari dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa dan UMKM di RW 07 dan 08 Kelurahan Grendeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Analisis perhitungan menggunakan analisis manfaat dan biaya dan Benefit Cost Ratio (BCR). Hasil dari total analisis manfaat dan biaya adalah - Rp 30.059.335,00 dan Hasil perhitungan nilai Benefit Cost Ratio adalah 0.883871. kesimpulannya adalah dampak pandemi merugikam bagi UMKM dan mahasiwa karena BCR<1. Implikasi dari penelitian ini Pandemi Covid-19 memberikan dampak positif dan negative. Dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya pandemi Covid-19 terhadap UMKM di wilayah RW 07 dan 08 Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas adalah terdapat banyak UMKM yang mengalami penurunan pendapatan , tetapi mereka tidak tahu cara menghadapi situasi pandemi tetapi masih terdapat UMKM yang belum mendapatkan keuntungan, dan terdapat pula pedagang yang masih belum bisa memaksimalkan usahanya disaat pandemi. UMKM harus meningkatkan kesadaran dan wawasan dalam melakukan usaha bisnin seperti melakukan inovasi dan ide ide dalam berbisnis. Pemerintah perlu melakukan pelatihan dan pengedukasian terhadap UMKM dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM atau pemerintah setempat yang menaungi UMKM di Purwokerto, Sehingga perkonomian dapat tetap berjalan.
Abstrak (Inggris)This research is a research that uses primary data on students and SMEs in RW 07 and 08 in Grendeng Village, North Purwokerto District, Banyumas Regency. This study aims to determine the value of the benefits and costs of the impact of the Covid-19 pandemic on students and MSMEs in RW 07 and 08 Grendeng Village. This study uses a qualitative and quantitative approach. Data was collected through interviews, observation and document review. Calculation analysis using benefit and cost analysis and Benefit Cost Ratio (BCR). The result of the total benefit and cost analysis is - Rp. 30,059,335.00 and the result of calculating the value of the Benefit Cost Ratio is 0.883871. the conclusion is that the impact of the pandemic is detrimental to MSMEs and students because BCR<1. The implications of this research The Covid-19 pandemic has both positive and negative impacts. The negative impact caused by the Covid-19 pandemic on MSMEs in the RW 07 and 08 Grendeng Village, North Purwokerto District, Banyumas Regency is that there are many MSMEs that have experienced a decrease in income, but they do not know how to deal with the pandemic situation but there are still MSMEs that have not profit, and there are also traders who are still unable to maximize their business during the pandemic. MSMEs must increase awareness and insight in doing business such as innovating and doing business ideas. The government needs to conduct training and education for MSMEs from the Department of Manpower, Cooperatives and SMEs or the local government which oversees MSMEs in Purwokerto, so that the economy can continue to run.
Kata KunciBenefit Cost Ratio, Valuasi Ekonomi Analisis Manfaat dan Biaya, UMKM Mahasiswa
Nama Pembimbing 1Lilis Siti Badriah
Nama Pembimbing 2Bambang
Tahun2022
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0624 seconds.