View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A008054
Nama MahasiswaSITI MASLIKHA
Judul ArtikelKORELASI KADAR GLIKOHEMOGLOBIN DENGAN KADAR MALONDIALDEHID PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II YANG MENGALAMI OBESITAS DI RUMAH SAKIT PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO
AbstrakLatar Belakang: Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit gangguan metabolisme dengan beberapa karakteristik yang ditandai dengan hiperglikemia kronis. Di Indonesia, DM sering dihubungkan dengan kejadian obesitas (IMT ≥ 25) berkaitan dengan terjadinya proses dari peningkatan stress oksidatif akibat radikal bebas. Glikohemoglobin (HbA1c) merupakan rerata glukosa darah selama 3-4 bulan terakhir, yang dapat digunakan sebagai penegakkan diagnosis pada pasien DM. Malondialdehid (MDA) merupakan salah satu hasil akhir dari peroksidasi lipid yang sering digunakan untuk menentukan adanya stress oksidatif pada tubuh. Pemeriksaan kadar MDA dan kadar HbA1c dapat digunakan untuk mengevaluasi pengendalian terhadap gula darah pada pasien DM. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji korelasi kadar HbA1c dengan kadar MDA pada pasien Diabetes Melitus tipe II yang mengalami obesitas. Metode: penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien dengan DM yang mengalami obesitas di poli DM Prof. Dr. Margono Soekarjo. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Analisis penelitian ini adalah dengan menggunakan uji Sperman. Hasil :Hasil uji korelasi menunjukkan tidak ditemukan adanya korelasi antara kadare HbA1c dengan kadar MDA pada pasien DM yang mengalami obesitas (p>0,05; r= -0,2). Kesimpulan : Tidak terdapat korelasi antara HbA1c dengan MDA pada penderita diabetes melitus tipe 2 yang mengalami obesitas.
Abstrak (Inggris)Background: Diabetes mellitus is a metabolic disorder characterized by hiperglycemia and associated with increased free radical activity. Patient diabetics have higher MDA levels in their blood serum and that glycated hemoglobin and serum glucose level. Purpose : The aim of this study was to investigate the correlation between Glycohemoglobin (HbA1c) and malondialdehyde levels in obese type 2 diabetes mellitus patient. Method : This study was an observational analytic by using the cross-sectional approach. The population of this study were levels in obese type 2 Diabetes Mellitus patients in Poly Diabetes Mellitus at Prof. Dr. Margono Soekarjo Hospital. The sample was taken by a purposive sampling method. The analysis of this study used univariate analysis, bivariate analysis of Spearman parametric test. Result : The result of correlation test showed there wasn’t a significant correlation between Glycohemoglobin and MDA levels (p>0,05; r= -,200) Conclusion : There wasn’t a correlation between Glycohemoglobin and MDA levels in obese type 2 diabetes mellitus type 2 diabetes mellitus patient.
Kata KunciHbA1C, Malondialdehid, Diabetes Mellitus, Obesitas
Nama Pembimbing 1dr. Suharno, Sp.PD
Nama Pembimbing 2dr. Setiawati
Tahun2012
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0625 seconds.