View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C016048
Nama MahasiswaANISA LARASATI
Judul ArtikelSTRATEGI PENGEMBANGAN HALAL CENTER BERDASARKAN PRESEPSI UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KABUPATEN CILACAP MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
AbstrakPengesahan UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dimana aturan tersebut harus berlaku bagi UMKM. Untuk mendukung regulasi ini, BPJPH bekerjasama dengan perguruan tinggi mendirikan Halal Center. Halal Center merupakan institusi tempat penyelia dengan kemampuan untuk melakukan pendampingan, riset dan lainnya yang dapat dibentuk di perguruan tinggi yang tugasnya mendampingi, membina, mengawasi jaminan produk halal, mengentri data ke BPJPH, serta mengelola bank data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang penting dilakukan Halal Center dalam mendukung percepatan program sertifikasi halal menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini mewawancarai 89 UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Cilacap. Analisis data dibagi menjadi empat tahap yaitu dekomposisi, perbandingan berpasangan, sintesis prioritas, dan konsistensi logis. Struktur hirarki terdiri dari empat tingkatan, yaitu faktor, aktor, tujuan, dan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi sertifikasi halal UMKM adalah kepercayaan konsumen & pasar (0,141), modal (0,128), dan Sumber Daya Manusia (0,17). Aktor yang berperan terhadap pengembangan Halal Center adalah UMKM (0,239), Pemerintah Daerah (0,162), dan BPJPH (0,161). Tujuan yang akan dicapai dalam didirikannya Halal Center dalam upaya meningkatkan UMKM bersertifikasi halal adalah Halal Center sebagai pendampingan UMKM (0,568) dan Halal Center sebagai pusat edukasi halal (0,432). Strategi utama yang harus dilakukan dalam pengembangan Halal Center yaitu kerjasama lembaga sertifikasi UMKM Halal Center dengan lembaga lainnya (0,354).
Abstrak (Inggris)Ratification of Law No. 33 of 2014 concerning Halal Product Guarantee where the rule must apply to MSMEs (Ministry of Micro, Small and Medium Enterprises). To support this regulation, HPAA (Halal Product Assurance Agency) cooperates with universities to establish a Halal Center. Halal Center is an institution where supervisors have the ability to provide assistance, research and others that can be formed at universities whose duties are to assist, foster, supervise halal product guarantees, enter data into HPAA, and manage data banks. The purpose of this research is to find out the important strategies carried out by the Halal Center in supporting the acceleration of the halal certification program using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. This study interviewed 89 food and beverage MSMEs in Cilacap Regency. Data analysis is divided into four stages, namely decomposition, pairwise comparisons, priority synthesis, and logical consistency. The hierarchical structure consists of four levels, namely factors, actors, goals, and strategies. The results showed that the factors that influence the halal certification of MSMEs are consumer & market trust (0.141), capital (0.128), and Human Resources (0.17). Actors who play a role in the development of the Halal Center are MSMEs (0.239), Local Governments (0.162), and HPAA (0.161). The goals to be achieved in establishing a Halal Center in an effort to increase MSMEs with halal certification are the Halal Center as an assistance to MSMEs (0.568) and the Halal Center as a halal education center (0.432). The main strategy that must be carried out in the development of the Halal Center is the collaboration of the Halal Center MSME certification body with other institutions (0.354).
Kata KunciUMKM, Kabupaten Cilacap, Sertifikasi Halal, Halal Center, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Nama Pembimbing 1Poppy Arsil, S.TP., M.T., Ph.D.
Nama Pembimbing 2Hety Handayani Hidayat, S.TP., M.Si.
Tahun2022
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0539 seconds.