View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A005100
Nama MahasiswaBOBY SANDITYAS PRAHASTO
Judul ArtikelPenyimpangan Sosial dari Holden Caulfield Yang Tergambarkan Dalam Novel “The Catcher in The Rye” karya Jerome David Salinger
AbstrakSkripsi yang berjudul “Social Diorder On Holden Caulfield as Depicted In J.D. Salinger’s The Catcher In The Rye Novel” bertujuan untuk menganalisis bagaimana penyimpangan sosial pada Holden Caulfield seperti yang tergambarkan pada novel berjudul The Catcher in the Rye karangan J.D. Salinger. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Terdapat beberapa langkah yang dilakukan dalam menganalisis dan mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini. Pertama adalah menentukan obyek yang akan dianalisis. Langkah kedua adalah mengkaji unsur-unsur intrinsik novel, seperti dialog, narasi dan juga karakter-karakternya sebagai unsur intrinsik yang paling dominan di dalam novel. Langkah ketiga menganalisis data dengan menghubungkannya dengan teori piramida kebutuhan dari Maslow melalui unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam novel.Setelah mendapatkan hasil akhir dari analisis maka langkah terakhir yaitu menyusun kesimpulan.Holden Caulfield memiliki empat komponen kegagalan dalam teori penyimpangan sosial. Kegagalan tersebut adalah kegagalan dia dalam proteksi dan gangs, kegagalan di sekolah, kegagalan di rumah, dam kegagalan dalam mentaati peraturan yang ada. Jadi karena kegagalan tersebut akhirnya Holden memilih untuk memenuhi sebagian kebutuhannya dengan melakukan penyimpangan sosial.
Abstrak (Inggris)The research entitled “Social Diorder On Holden Caulfield as Depicted In J.D. Salinger’s The Catcher In The Rye Novel” is aimed to analyze How is the social disorder of Holden Caulfield as depicted in The Catcher in the Rye by Jerome David Salinger and what are the causes of Holden Caulfield’s social disorder. In this research, descriptive qualitative method is used to analyze the data. There are steps done in extracting and analyzing the novel as the answer of the research question. The first is determining the novel. The second is obtaining the intrinsic elements of the novels, such the dialogue, narration and also the characters as the most dominant intrinsic elements in the novel. The third is analyzing the data by connecting them with Hierarchy of needs by Abraham Maslow through the intrinsic elements from t he novel and the last step is writing conclusion. Holden has failures in four components in social disorder, they are failure protection and gangs, failure of school, failure of homes and failure of law enforcement. Therefore, because of his failures, in filling his needs he do social disorder.
Kata KunciJ.D. Salinger- Holden Caulfield- Piramida kebutuhan- Penyimpangan sosial
Nama Pembimbing 1Rizki Februansyah S.S, M.A
Nama Pembimbing 2Ririn Kurnia Trisnawati S.S. M.A
Tahun2012
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.056 seconds.