View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A017084
Nama MahasiswaAA ENDANG HAETAMI
Judul ArtikelPOLA PEMASARAN EMPING MELINJO ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) TANI REJO DI DESA NGALIYAN KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG PROVINSI JAWA TENGAH
AbstrakTujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan saluran pemasaran emping melinjo, menghitung margin pemasaran serta keuntungan pemasaran emping melinjo di masing-masing lembaga pemasaran, dan menganalisis saluran pemasaran yang efisien untuk pemasaran emping melinjo pada KWT Tani Rejo di Desa Ngaliyan, Limpung, Batang. Penelitian dilaksanakan pada November 2021 hingga Desember 2021, di Desa Ngaliyan, Limpung, Batang. Obyek penelitian ini yaitu pola pemasaran emping melinjo pada KWT Tani Rejo di Desa Ngaliyan, Limpung, Batang. Metode penentuan sampel responden yaitu menggunakan sensus sampling. Penentuan sampel lembaga pemasaran yaitu dengan metode snowball sampling, dengan cara berantai mengikuti penjualan emping melinjo dari produsen hingga konsumen. Jenis data digunakan yaitu data primer dengan melakukan observasi langsung dan data sekunder yang diperoleh dari literatur maupun instansi terkait. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yaitu: (1) terdapat tiga saluran pemasaran emping melinjo pada Desa Ngaliyan, Kecamatan Limpung yaitu saluran pemasaran I (Pengrajin - Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer – Konsumen), saluran pemasaran II (Pengrajin – Pedagang Pengepul – Pedagang Online – Konsumen), dan saluran pemasaran III (Pengrajin – Pengepul - Pedagang Besar – Konsumen), (2) nilai margin pemasaran terkecil terletak pada saluran pemasaran ke II dengan persentase margin sebesar 30%, (3) saluran pemasaran II memiliki persentase keuntungan terbesar sebesar 63,4% dari total margin, (4) saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran II yaitu dengan farmer’s share sebesar 70% dan margin pemasaran sebesar 30%.
Abstrak (Inggris)The purpose of this study was to describe the marketing channels of melinjo chips, calculate the marketing margins and marketing profits of melinjo chips in each marketing agency, and analyze the efficient marketing channels for marketing melinjo chips at KWT Tani Rejo in Ngaliyan Village, Limpung District, Batang. The research was carried out from November 2021 to December 2021, in Ngaliyan Village, Limpung, Batang. The object of this research is the marketing pattern of melinjo chips at KWT Tani Rejo in Ngaliyan Village, Limpung, Batang. The method of determining the sample of respondents is using census sampling. Determination of a sample of marketing institutions is by the snowball sampling method, by following the sales of melinjo chips from producers to consumers. The type of data used is primary data by direct observation and secondary data obtained from literature and related agencies. Methods of data collection using interviews, observation, and literature study. The results were: (1) there are three marketing channels for emping melinjo in Ngaliyan Village, Limpung District, namely marketing channel I (Producer – Collecting Trader – Retailer – Consumer), marketing channel II (Producer – Collector Trader – Online Trader – Consumer), and marketing channel III (Producer – Collector – Wholesaler – Consumer), (2) the smallest marketing margin value is found in the second marketing channel with a margin percentage of 30%, (3) marketing channel II has the biggest profit, 63,4% from the total margin, (4) the most efficient marketing channel is channel II, with 70% farmer’s share and 30% marketing margin.
Kata KunciKata kunci: Emping melinjo, KWT Tani Rejo, Limpung, pemasaran
Nama Pembimbing 1Dr. rer. agr. Ir. Djeimy Kusnaman, M.Sc. Agr.
Nama Pembimbing 2Ir. Adwi Herry Koesoema E., M.P
Tahun2022
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0596 seconds.