View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A006147
Nama MahasiswaNUR ROFIK
Judul ArtikelA COMPARATIVE STUDY OF ROOT, STEM, AND BASE AT COMPLEX NOUNS OF ENGLISH AND INDONESIAN ARTICLES IN VIVANEWS.COM (A Case Study on “Police List Suspect of Collapsed Bridge Cases” and “Polisi Siap Umumkan Tersangka Jembatan Kukar”)
AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi dari root, stem, dan base pada kata benda kompleks dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan struktur root, stem, dan base pada kata benda kompleks dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskripsi sebab penelitian ini hanya menggunakan teknik pengumpulan, pengklasifikasian, dan penganalisaan data yang diikuti dengan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis data. Karena penelitian ini fokus pada kata benda kompleks, peneliti mengambil kata benda yang kompleks saja. Setelah menyeleksi data, peneliti menemukan 22 kata benda berbahasa Inggris yang kompleks dan 24 kata benda berbahasa Indonesia yang kompleks. Dalam menganalisis data, peneliti mendeskripsikan struktur root, stem, dan base pada kata benda berbahasa Inggris dan Indonesia yang kompleks, dan kemudian menemukan beberapa persamaan. Namun pada kasus ini tidak ditemukan adanya perbedaan. Hasil dari penelitian ini akan memberikan kontribusi pada bidang linguistik. Hasil penelitian ini dapat juga digunakan sebagai materi pendukung dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa sastra Inggris ataupun peneliti-peneliti lain dalam istilah morfologi, terutama struktur root, stem, dan base.
Abstrak (Inggris)This research is conducted to know the description of the root, stem, and base at complex nouns of English and Indonesian words, and to know the similarities and differences of root, stem, and base at complex nouns of English and Indonesian words as well as rules. This research belongs to descriptive qualitative research since it just uses the technique of collecting, classifying, and analyzing the data, followed by drawing conclusion based on the data analysis. Since this research focuses on the complex nouns, the researcher only took complex nouns. After selecting the data, the researcher found 22 English complex nouns and 24 Indonesian complex nouns. In analyzing the data, the researcher describes the root, stem, and base of the English and Indonesian complex nouns, and then found the similarities. However there are no differences in this case. The result of this research would give contribution to linguistic study. It can also be used as a supporting material in developing the ability of English Department students or other researchers in morphological terms, especially root, stem, and base.
Kata Kuncimorphology, complex nouns, root, stem, and base.
Nama Pembimbing 1Tuti Purwati, M.Pd
Nama Pembimbing 2Kristianto Setiawan, S.S
Tahun2012
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0566 seconds.