View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1B015082
Nama MahasiswaEFAN DAVID PRABOWO
Judul ArtikelPENGARUH KUALITAS WEBSITE (WEBQUAL) 4.0 TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN GENDER SEBAGAI PEMODERASI (Survei pada Konsumen E-Commerce Lazada di Purwokerto)
AbstrakPenelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas website (Webqual) 4.0 terhadap kepuasan konsumen dengan mengembangkan model penelitian sebelumnya melalui penambahan variabel gender sebagai pemoderasi terhadap konsumen e-Commerce Lazada di Purwokerto. WebQual 4.0 merupakan hasil analisis dan evaluasi dari WebQual 3.0 yang membawa pada identifikasi tiga dimensi dari kualitas website e-commerce, yaitu kemudahan penggunaan (usability quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality). Objek penelitian ini adalah kemudahan penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan sebagai variabel bebas (X), gender sebagai variabel pemoderasi (Z) dan kepuasan konsumen sebagai variabel terikat (Y). Variabel-variabel penelitian ini diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah variabel kemudahan penggunaan , kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Adanya peran gender sebagai moderasi hanya mempengaruhi variabel kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen, tidak memoderasi variabel kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan terhadap kepuasan konsumen. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan para konsumen, pihak manajemen e-commerce Lazada perlu memprioritaskan kebijakan yang terkait dengan kemudahan penggunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan. menyediakan informasi yang relevan dengan kebutuhan pengguna website Lazada, menerapkan aturan dan prosedur belanja yang mudah dipahami serta mampu memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam melakukan belanja secara online, menyediakan forum diskusi dan interaksi bagi para pengguna maupun pelanggan dalam website resmi Lazada agar keluhan konsumen dapat diverifikasi oleh pihak manajemen, serta meningkatkan perasaan aman kepada para pengguna dalam melakukan transaksi melalui website resmi Lazada.
Abstrak (Inggris)This study is to examine the effect of website quality (Webqual) 4.0 on consumer satisfaction by developing a previous research model through the addition of a gender variable as a moderator for Lazada e-Commerce consumers in Purwokerto. WebQual 4.0 is the result of analysis and evaluation of WebQual 3.0 which leads to the identification of three dimensions of e-commerce website quality, namely usability quality, information quality and service interaction quality. The object of this research is ease of use, quality of information and quality of service interaction as independent variables (X), gender as moderating variable (Z) and consumer satisfaction as dependent variable (Y). The variables of this study were measured using a Likert scale. The results of this study are the variables of ease of use, quality of information and quality of interaction services have a significant influence on customer satisfaction. The existence of a gender role as a moderator only affects the ease of use variable on consumer satisfaction, does not moderate the information quality and service interaction quality variables on customer satisfaction. The implications of this research are expected to be used to increase consumer satisfaction, Lazada's e-commerce management needs to prioritize policies related to ease of use, quality of information and quality of service interaction. providing information relevant to the needs of Lazada website users, applying shopping rules and procedures that are easy to understand and able to provide convenience for consumers in doing online shopping, providing discussion and interaction forums for users and customers on the official Lazada website so that consumer complaints can be verified by management, as well as increasing the feeling of security for users in conducting transactions through the official Lazada website.
Kata KunciWeb quality, e-commerce, ease of use, information quality, service interaction quality, customer satisfaction, gender
Nama Pembimbing 1Dr. Weni Novandari, S. E., M. M.
Nama Pembimbing 2Dr. Refius Pradipta Setyanto, S.E., M.Si.
Tahun2022
Jumlah Halaman18
Page generated in 0.077 seconds.