View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1F015054
Nama MahasiswaFRANSISKA PUTRI KAHAPHIA
Judul ArtikelKESUKAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BAWANG GORENG SARNAM JAYA
AbstrakBawang merah adalah salah satu hasil pertanian yang mudah mengalami penurunan mutu. Salah satu cara untuk mempertahankan mutu yaitu melalui pengolahan menjadi produk bawang merah goreng. Bawang merah goreng adalah makanan yang terbuat dari bawang merah dan diolah dengan cara digoreng. Bawang goreng merek SARNAM merupakan produk bawang goreng yang diproduksi oleh UMKM SARNAM JAYA dan lumayan di kenal di wilayah Ajibarang, Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesukaan konsumen terhadap rasa, warna, aroma, kerenyahan, dan kemasan bawang goreng SARNAM. Penelitian dilakukan secara survei di Kecamatan Ajibarang pada bulan Juni 2022. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode uji hedonik 50 orang responden. Terdapat 5 variabel yang diamati yaitu rasa, warna, aroma, kerenyahan, dan kemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen paling menyukai atribut warna bawang goreng berdasarkan prosentase tertinggi yaitu 46%. Sedangkan prosentase terendah terdapat pada atribut rasa dan kerenyahan dengan prosentase 40%.
Abstrak (Inggris)Onions are one of the agricultural products that easily degraded in quality. One way to maintain quality is through processing into fried onion products. Fried onion is food from onion and processed through frying process. Sarnam Fried onion is product from UMKM Sarnam Jaya and well-known in Ajibarang, Banyumas. This study aims to determine consumer preferences for taste, colour, flavour, crispness, and packaging of Sarnam Fried Onion. This research was conducted in survey held in Ajibarang in June 2022. The selection of respondents was done by purposive sampling method. Research data collection was carried out using the hedonic test method on 50 respondents. There was 5 attribute that are observed, namely taste, colour, flavour, crispness, and packaging. The results showed that the most liked attribute is colour based on highest percentage that is 46%.
Kata KunciBawang merah, bawang goreng, kesukaan konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ervina Mela Dewi, S.T., M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Ir. Aisyah Tri Septiana, M. P.
Tahun2022
Jumlah Halaman6
Page generated in 0.0526 seconds.