View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C007100
Nama MahasiswaDWI SULISTYOWATI
Judul ArtikelINTERAKSI KELUARGA DALAM SOSIALISASI NILAI-NILAI BUDAYA PADA ANAK (Studi Komunikasi Keluarga Tentang Sosialisasi Nilai-Nilai Budaya Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Perkawinan Campuran Jawa-Tionghoa Muslim Di Kabupaten Banyumas)
AbstrakPenelitian ini berjudul Interaksi Keluarga Dalam Sosialisasi Nilai-nilai Budaya Pada Anak (Studi Komunikasi Keluarga Tentang Sosialisasi Nilai-nilai Budaya Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Perkawinan Campuran Jawa Tionghoa Muslim Di Kabupaten Banyumas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi keluarga dalam sosialisasi nilai-nilai budaya pada anak dalam perkawinan campuran Jawa-Tionghoa Muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan berdasarkan karakteristik informan yang telah ditetapkan, terdapat lima pasang keluarga dan enam orang anak yang dijadikan informan dalam penelitian. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber yang digunakan sebagai alat ukur validitas data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi keluarga adalah interaksi yang terjadi dalam perkawinan campuran Jawa Tionghoa lebih banyak terjadi di dalam keluarga isteri karena selain tinggal di lingkungan Jawa, keluarga besar dari isteri juga sebagian tinggal di Jawa sehingga lebih akrab dan lebih intens ketemu, selain itu adanya keterikatan emosi antara ibu dan anak.
Abstrak (Inggris)Tittle of Research is Family Interaction on Socialization Values of culture Child (family communication study about socialization Values of Culture between parent and their children at mix marriage Moslem Javanese Chinese in Banyumas. The purpose of this research is to know family interaction on socialization values of culture on children on mix marriage Moslem Javanese Chinese. This research use descriptive qualitative method. To choose informant this research use purposive sampling technique and based on informant characteristic that decide, there are five couple family and six children as informant on this research. Triangulation that used on this research is source triangulation as measure tool data validity. Based on research result that family communication is interaction that happen on mix marriage Javanese Chinese more happened on wife family because the big family of wife live in Java so they more intense to meet, beside that emotional relations between mother and children.
Kata KunciKata Kunci: Interaksi, Komunikasi Keluarga, Sosialisasi, Nilai dan Norma
Nama Pembimbing 1Dr. Wisnu Widjanarko
Nama Pembimbing 2Dra. Dwi Pangastuti M, M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0527 seconds.