View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1A015038
Nama MahasiswaARIN DWI ANDINI
Judul ArtikelKepuasan anggota koperasi terhadap kualitas layanan koperasi unit desa (KUD) di kabupaten banyumas (studi kasus di koperasi unit desa Aris)
AbstrakKualitas pelayanan dari pengurus menjadi salah satu faktor dalam memajukan koperasi. Dengan semakin baknya kualitas pelayanan maka secara tidak langsung membuat anggotapuas terhadap kinerja pengurus koperasi itu. Kepuasan anggota adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan, da kebutuhan anggota dapat dipenuhi. KUD Aris merupaka salah satu koperasi yag aktif di Kecamatan Banyumas dan dalam operasionalanya KUD Aris menunjang kebutuhan para anggotanya baik kebutuhan jasa ataupun kebutuhan produk. Keberadaan KUD Aris diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan aggota masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor pelayanan yang harus menjadi prioritas utama dalam meningkatkan kepuasan anggota pada KUD Aris di Kabupaten Banyumas, dan (2) Apakah pelayanan yang diberikan KUD Aris di Kabupaten Banyumas telah memuaskan anggota. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan Mei-Juni 2022, dengan sasaran anggota KUD Aris d Kabupaten Banyumas. Perhitungan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh jumlah sebanyak 42 orang dan Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi da wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek empathy merupakan aspek yang dinilai perlu di prioritaskan oleh anggota KUD Aris, aspek ini dinilai sangat penting oleh anggota KUD Aris tetapi kinerja yang diberikan kepada anggota KUD Aris belum memuaskan. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai tingkat kesesuaian dari aspek empathy yang berada pada kuadran dalam diagram kartesius, (2) Pelayanan unggul yang meliputi aspek reabilitiy, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible oleh KUD Aris Banyumas belum memuaskan harapan anggota dengan ditunjukkan nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan kinerja sebesar 95 %.
Abstrak (Inggris)The quality of service from the management is one of the factors in advancing the cooperative. With the better quality of service, it will indirectly make members satisfied with the performance of the cooperative management. Member satisfaction is a condition where the wants, hopes, and needs of members can be met. KUD Aris is one of the active cooperatives in Banyumas District and in its operations KUD Aris supports the needs of its members, both service needs and product needs. The existence of KUD Aris is expected to provide good service and in accordance with the needs of community members. This study aims to (1) Knowing the service factors that must be a top priority in increasing member satisfaction at KUD Aris in Bayumas Regency. The method used is the case study method. This research was conducted in May-June 2022, with the target of members of KUD Aris in Banyumas Regency. and (2) whether the services provided by KUD Aris in Banyumas Regency have satisfied members. The method used is the case study method. This research was conducted in May-June 2022, with the target of members of KUD Aris in Banyumas Regency. Calculation of the sample using purposive sampling technique obtained a total of 42 people and data collection was carried out by observation and interview methods. Analysis of the data used is Importance Performance Analysis (Analysis of the Level of Interest and Performance). The results showed that: (1) Empathy is an aspect that is considered to need to be prioritized by members of KUD Aris, this aspect is considered very important by members of KUD Aris but the performance given to members of KUD Aris has not been satisfactory. These results are indicated by the value of the level of conformity from the empathy aspect which is in the quadrant in the Cartesian diagram (2) Superior service which includes aspects of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible by KUD Aris Bayumas has not satisfied the expectations of members by showing the value of the level of conformity between the level of importance and performance of 95%.
Kata Kuncikoperasi unit desa, kepuasan anggota
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P
Nama Pembimbing 2Alpha Nadeira M, S.P M. P
Tahun2022
Jumlah Halaman61
Page generated in 0.0574 seconds.