View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A018215
Nama MahasiswaTHALIA MARGUSTININGRUM
Judul ArtikelAsas Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak Atas Lingkungan Hidup Yang Baik dan Sehat Terhadap Limbah Yang Dihasilkan PT. Pusri Palembang
AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat terhadap limbah PUSRI yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan dan faktor penghambat dalam melaksanakan implementasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang disajikan dengan teks naratif dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi asas tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat terhadap limbah yang dihasilkan PT. PUSRI, dibutuhkannya intrumen pengawasan demi memenuhi hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat dengan melakukan pengawasan yang berdasar pada Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan untuk melakukan pengawasan dengan 2 (dua) cara. Pengawasan langsung dilaksanakan dengan meninjau lokasi secara langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Selatan, sedangkan pengawasan tidak langsung oleh PUSRI sebagai usaha kegiatan industri dengan cara melakukan pelaporan melalui aplikasi SIMPEL, namun beberapa pelaksanaannya masih kurang maksimal. Selain itu, terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
Abstrak (Inggris)This study aims to find out how the implementation of state responsibility in fulfilling the right to a good and healthy environment for PUSRI waste is carried out by the Environmental Service of South Sumatra Province and the inhibiting factors in carrying out implementation. The research method used in this research is sociological juridical with descriptive research specifications. The types and sources of data used are primary data and secondary data. Methods of collecting data through interviews, observation, and documentation, which are presented with narrative texts with qualitative analysis methods. The results showed that in implementing the principle of state responsibility in fulfilling the right to a good and healthy environment for the waste produced by PT. PUSRI, a supervisory instrument is needed in order to fulfill everyone's right to have a good and healthy environment by carrying out supervision based on Government Regulation Number 22 of 2021 concerning the Implementation of Protection and Management to carry out supervision in 2 (two) ways. Direct supervision is carried out by reviewing the location directly by the Environmental Service of South Sumatra Province, while indirect supervision is by PUSRI as an industrial activity business by reporting through the SIMPEL application, but some of the implementations are still not optimal. In addition, there are inhibiting factors in its implementation.
Kata KunciAsas Tanggung Jawab Negara, implementasi asas tanggung jawab negara, Pengawasan, Faktor Penghambat.
Nama Pembimbing 1Dr. Abdul Aziz Nasihuddin, S.H., M.M., M.H
Nama Pembimbing 2Dr. Kartono, S.H., M.H
Tahun22
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0589 seconds.