View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1E006010
Nama MahasiswaADI SULISTYONO
Judul ArtikelPENGARUH PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI KANTOR KECAMATAN PURWOKERTO BARAT
AbstrakPelayanan publik di Indonesia hingga saat ini dapat dikatakan masih belum mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat. Pegawai kantor Kecamatan Purwokerto Barat dituntut untuk meningkatkan kinerja pelayanannya kepada masyarakat. Pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat tidak terlepas dari faktor kualitas sumber daya manusia. Dengan kemampuan kerja pegawai yang tinggi atau optimal maka akan tercipta hasil kerja yang maksimal serta mempunyai semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. Metode penelitian menggunakan metode survey. Penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Populasi penelitian seluruh masyarakat yang pernah mengurus KTP di Kecamatan Purwokerto Barat sebanyak 2.728 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 97 orang diambil di setiap RT di wilayah Kantor Kecamatan Purwokerto Barat. Analisis data mengggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian yaitu pelayanan pegawai pada masyarakat di Kecamatan Purwokerto Barat sudah baik. Pelayanan pegawai yang masih kurang yaitu kecepatan proses penyelesaian pekerjaan yang diberikan oleh petugas, kemudahan prosedur pengurusan administrasi dan keterampilan yang mereka miliki. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pegawai dalam pembuatan KTP sudah cukup puas. Kepuasan masyarakat yang masih kurang yaitu pada biaya yang diberikan dan sikap dalam memberikan pelayanan. Pelayanan Pegawai di Kantor Kecamatan Purwokerto Barat berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Peningkatan pelayanan pegawai akan meningkatkan kepuasan masyarakat dalam pembuatan KTP. Kata kunci : Pelayanan pegawai, Kepuasan masyarakat, Pembuatan KTP
Abstrak (Inggris)Public services in Indonesia today could be said still’nt be able to give satisfaction to the public.p urwokerto Barat District Office employees are required to improve the performance of its services to the public. Good service to the community and the maximum quality factor is inseparable from human resources. With the ability of high employee or optimal work will create the maximum as well as having a high spirit in carrying out their duties. The method of research used the survey method. The research was conducted at the District Office of Purwokerto Barat Banyumas Regency. The population of study was all people who had been made ID card in the Purwokerto Barat district as the 2.728 people. The amount of sample taken by 97 people each RT in the Purwokerto Barat District Office. Data analysis used Simple of Linear Regression. The results were an employee service to the public in the District of Purwokerto Barat is good. Service personnel still lack the speed of the process of completion of the work provided by the officer, ease the administrative procedures and the skills they possess. People's satisfaction with the service employee ID card was quite satisfied. Satisfaction communities are still lacking given that the cost of providing services and attitude. Employee services at the District Office of Purwokerto Barat had significant positive effect on the level of people's satisfaction in the service of National Identity Card (KTP). Increased civil service will increase people's satisfaction in making ID cards. Key Words: Employee service, Public satisfaction, Making ID cards
Kata KunciKata kunci : Pelayanan pegawai, Kepuasan masyarakat, Pembuatan KTP
Nama Pembimbing 1Drs. H. Ngalimun, MPA
Nama Pembimbing 2Drs. Simin, M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0563 seconds.