View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)J1C018019
Nama MahasiswaOKTAVIANI NINDI PRATAMA
Judul ArtikelPerilaku Bullying dalam Drama 3 Nen A Kumi:Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu Karya Komuro Naoko dan Suzuki Yuma
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk bullying dan faktor penyebab terjadinya bullying dalam drama Karya Komuro Naoko dan Suzuki Yuma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data penelitian ini berupa gambar tangkapan layar dan dialog yang diambil dari drama 3 Nen A Kumi:Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bullying yang dikemukakan oleh Coloroso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam drama tersebut terdapat empat bentuk bullying yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional, dan bullying elektronik. Bentuk bullying yang paling banyak terjadi adalah bullying verbal yang disebabkan karena adanya perasaan superioritas.
Abstrak (Inggris)This research aims to analyze the forms of bullying and the factors that cause bullying in drama by Komuro Naoko and Suzuki Yuma. This research is a qualitative descriptive with a sociology of literature approach. The data of this research is uses screenshot and dialogue that taken from 3 Nen A Kumi:Ima Kara Mina-san wa, Hitojichi Desu drama as data sources. The data retrieval method uses reading and note-taking technique. The theory used for the analysis is theory of bullying by Coloroso. The conclusion of the analysis shows that in drama, there are four forms of bullying, including verbal bullying, physical bullying, relational bullying, and cyberbullying. The most common form of bullying is verbal bullying which is caused by a feeling superiority.
Kata Kunci3 nen a kumi, sosiologi sastra, bullying, coloroso
Nama Pembimbing 1Dr. Yusida Lusiana, S.S., M.Si., M.Pd.
Nama Pembimbing 2Muammar Kadafi, S.S., M.A.
Tahun2022
Jumlah Halaman68
Page generated in 0.0535 seconds.