View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A008017
Nama MahasiswaRENDY DWINANDA
Judul ArtikelPERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA FITNESS CENTER DI HELIOS FITNESS CENTER PURWOKERTO
AbstrakABSTRAKSI Kesehatan adalah modal yang sangat penting bagi kita semua dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Olahraga adalah salah satu cara dalam menjaga kesehatan. Salah satu olahraga yang saat ini digemari adalah fitness. Tentunya fitness haruslah dilakukan di fitness center (pusat kebugaran). Sudah banyak didirikan pusat-pusat kebugaran di kota Purwokerto ini. Namun, dalam kenyataanya di lapangan pusat-pusat kebugaran tersebut kuranglah memperhatikan pelayanan kepada konsumennya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa fitness center (pusat kebugaran) agar konsumen mendapatkan pelayanan jasa fitness center secara maksimal. Perlindungan Konsumen telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Undang-Undang tersebut merupaka payung yang mengintegrasikan dan memperkuat penegakan hukum di bidang Perlindungan Konsumen. Peraturan perlindungan konsumen lainnya yang mengatur tentang jasa fitness center (pusat kebugaran) adalah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan yang diberikan oleh pihak fitness center terhadap konsumen berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dengan spesifikasi penelitian secara deskripstif, dengan harapan dapat memperoleh informasi yang mendalam dari obyek yang sedang diteliti. Penelitian ini dilakukan di Helios Fitness Center Purwokerto. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pihak Helios Fitness dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya telah secara maksimal. Pelayanan-pelayanan yang diberikan pihak Helios Fitness, bertujuan agar konsumen dapat memperoleh hak-haknya sebagaimana telah diatur dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Berkaitan dengan Pasal 4 Undang-undang Perlindungan Konsumen mengenai hak-hak konsumen, pelaku usaha jasa fitness center telah memenuhi hak tersebut. Upaya penyelesaian sengketa antara pihak Helios Fitness dan pihak konsumen adalah melalui musyawarah, apabila tidak tercapai maka konsumen dapat menggugat melalui pengadilan. Pengaturan upaya penyelesaian sengketa ini bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada konsumen. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen, Konsumen Fitness.  
Abstrak (Inggris)ABSTRACK Health is a very important asset for all of us to do all daily activities. Sports is one way in maintaining health. One sport that is currently popular is the fitness. Obviously fitness should be done in the fitness center (gym). Already many established fitness centers in the city this Purwokerto. However, the reality in the field fitness centers are less attention to service their customers. Based on this, the necessary legal protection of consumers of service fitness center (gym) so that consumers get the services to the maximum fitness center. Consumer protection has been regulated in Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection. Act be an umbrella that integrate and strengthen law enforcement in the field of consumer protection. Other consumer protection regulations governing service fitness center (gym) is Law No. 3 of 2005 on National Sports System, Act No. 36 of 2009 on Health, and the Indonesian Government Regulation No. 16 of 2007 on the Implementation of Sport. The purpose of this study was to determine the protections provided by the fitness center to the consumer by the Consumer Protection Act. This study uses juridical normative specifications deskripstif research, hoping to obtain in-depth information of the object being studied. The research was conducted in Helios Fitness Center Purwokerto. Based on these results it can be seen that the Helios Fitness in providing services to their customers have the maximum. Services given the Helios Fitness, intended that consumers can obtain their rights as stipulated in Article 4 of Law No. 8 of 1999 on Consumer Protection. With regard to Article 4 of the Consumer Protection Act regarding the rights of consumers, business service fitness center meets these rights. Efforts dispute between the Helios Fitness and the consumer is memalui deliberation, if not achieved then the consumer can sue through the courts. Setting dispute resolution efforts aimed to provide legal protection to consumers. Keywords: Law Protection, Consumer Protection, Consumer Fitness.
Kata KunciKata kunci : Perlindung Konsumen, Fitness, Fitness Center, Kesehatan.
Nama Pembimbing 1Hj.Rochani Urip Salami, S.H.,M.S.
Nama Pembimbing 2Suyadi, S.H., M.Hum.
Tahun2012
Jumlah Halaman24
Page generated in 0.0514 seconds.