View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)B1J007097
Nama MahasiswaMEGA AMDIKA A
Judul ArtikelSTUDI PERBANDINGAN MORFOLOGI TERITIP MANGROVE Microeuraphia withersi (CIRRIPEDIA :CHTHAMALIDAE) DARI PULAU KARIMUNJAWA DENGAN BEBERAPA POPULASI LAIN DI INDONESIA
AbstrakMicroeuraphia withersi (Cirripedia:Chthamalidae) umum ditemukan pada akar dan batang mangrove. Berdasarkan pengamatan pendahuluan Microeuraphia withersi dari Pulau Karimunjawa memiliki karakter morfologi yang sedikit berbeda dengan populasi lain di Indonesia, oleh karena itu penting dilakukan penelitian untuk mengetahui identitas taksonomi sampel dari Pulau Karimunjawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kekerabatan dan variasi morfologi populasi Microeuraphia withersi dari Pulau Karimunjawa dengan populasi Sumatera Barat, Sumbawa, Kupang, dan Yogyakarta berdasarkan karakterisitik morfologi dengan menggunakan analisis cladistics. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi mengenai variasi morfologi teritip mangrove M. withersi dari Pulau Karimunjawa terkait dengan isolasi geografisnya. Sample dari Yogyakarta dan Sumbawa merupakan outgroup dari genus Chthamalus. Sampel dari Sumatra dan Karimunjawa memiliki morfologi yang lebih dekat dibandingkan dengan sampel dari Kupang. Populasi yang berasal dari Pulau Karimunjawa tidak berbeda jauh dengan populasi yang berasal dari Sumatra dalam hal jumlah lekukan maxilulla, panjang scutal margin, dan lebar tergum.
Abstrak (Inggris)Microeuraphia withersi (Cirripedia:Chthamalidae) is commonly found in the mangrove roots and trunks. Based on previous observation M. withersi collected from Karimunjawa Island has slightly difference in morphological character compared to other populations of Indonesia. Therefore it is important to determine the species identity of samples from Karimunjawa Island. The objective of this study aimed (1) to figure out the phylogenetic relationship among M. withersi from Karimunjawa Island with the populations from West Sumatra, Sumbawa, Kupang, and Yogyakarta based on morphological characteristics using Cladistics analysis, and (2) to determine the morphological variation of M. withersi population from Karimunjawa Island compared with the populations from West Sumatra, Sumbawa, Kupang, and Yogyakarta. The result is expected to provide information on the morphological variation of mangrove barnacle M. withersi from Karimunjawa Island related to their geographic isolation. Samples from Yogyakarta and Sumbawa belonging to genus Chthamalus was treated as the outgroup. The phylogram suggests samples from Karimunjawa and Sumatra Islands are closely related compared to samples from Kupang. Samples from Karimunjava having similar morphological characters to Sumatera samples in the number of maxilulae notch, scutal margin length, and tergum width.
Kata Kuncimorfologi, teritip mangrove, Microeuraphia withersi, populasi, kekerabatan
Nama Pembimbing 1Romanus Edy Prabowo, S.Si., M.Sc., Ph.D
Nama Pembimbing 2Dr. Agus Nuryanto, S.Si., M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0548 seconds.