View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)L1A018045
Nama MahasiswaROHMATUN KHASANAH
Judul ArtikelPengaruh Perbedaan Substrat terhadap Warna Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) di Hulu Sungai Banjaran, Banyumas, Jawa Tengah
AbstrakRasbora lateristriata, Bleeker 1854 berpotensi dijadikan sebagai ikan hias, dikarenakan ikan ini memiliki warna, corak dan bentuk yang indah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah substrat yang berbeda berpengaruh terhadap kepadatan dan tutupan warna merah, hijau dan biru pada Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) di Hulu Sungai Banjaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. Data pendukung dalam penelitian ini diambil secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepadatan warna merah pada Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) yang hidup di substrat bebatuan berbeda nyata dengan Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) yang hidup pada substrat batu berpasir dan berpasir. Kepadatan warna hijau dan warna biru pada pada Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) tidak menunjukkan beda nyata pada masing-masing substrat. Tutupan warna Ikan Lunjar (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) yang hidup pada substrat pasir berbatu, substrat berbatu dan substrat berpasir tidak menunjukkan perbedaan nyata.
Abstrak (Inggris)Rasbora lateristriata, Bleeker 1854 has a potential to be used as ornamental fish, because this fish has beautiful colors, patterns and shape. The aims of this study is to understand whether different substrate has impact to density and red, green and blue color cover in Yellow Rasbora (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) in Banjaran River’s Upstream. The method used in this research was survey method. Data collecting techniques wass done with purposive sampling. Secondary data in this research is done in descriptive. The results on density red color of this study shows that Yellow Rasbora (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) that lived in rock substrate is different than Lunjar Fish that lived in sandy rock substrate and sand substrate. The densities of green color and blue color don’t show significant differences on each substrate. Color cover of Yellow Rasbora (Rasbora lateristriata, Bleeker 1854) that lived in sandy rock substrate, rock substrate and sand substrate don’t show significance in differences.
Kata KunciRasbora lateristriata, warna ikan, substrat, Sungai Banjaran, image-J.
Nama Pembimbing 1Muslih, S. Pi., M. Si.
Nama Pembimbing 2Rika Prihati Cahyaning Pertiwi, S. Pi, M. Si
Tahun2023
Jumlah Halaman8
Page generated in 0.0541 seconds.