View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A019017
Nama MahasiswaMARSYA BUNGA DIS ARDANSYAH
Judul ArtikelPROFIL STRATEGI BELAJAR SRL KOMPONEN KOGNITIF DALAM MEMPERSIAPKAN UJIAN SOCA SELAMA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS
AbstrakLatar Belakang: SOCA merupakan metode assessment yang menguji kemampuan berpikir kritis, penalaran klinis, dan komunikasi mahasiswa. Strategi belajar SRL (self-regulated learning) komponen kognitif berguna selama pemrosesan dan penyimpanan informasi dalam mempersiapkan ujian SOCA. SRL dipengaruhi faktor presage berupa perubahan lingkungan belajar. Proses pembelajaran mengalami perubahan yang semula daring penuh menjadi PTMT selama pandemi COVID-19. Perubahan lingkungan berperan penting dalam mempersiapkan ujian SOCA, sehingga profil mengenai proses belajar ini penting untuk dijadikan bahan pemantauan dan evaluasi institusi dalam pembuatan kebijakan, serta menjadi bahan evaluasi diri bagi responden. Tujuan: Untuk mengetahui profil strategi belajar SRL komponen komponen kognitif dalam mempersiapkan ujian SOCA pada mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2019, 2020, dan 2021 selama masa PTMT. Metode: Penelitian deskriptif observasional kuantitatif ini menggunakan data primer hasil pengisian kuesioner “Strategi Belajar SRL Dalam Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas” oleh 199 responden mahasiswa Angkatan 2019, 2020, dan 2021”. Hasil analisis univariat disajikan dalam tabel dan diagram distribusi frekuensi berdasarkan sub komponen strategi belajar dan frekuensi penerapannya.. Hasil: Sebagian besar (70,35%) responden ialah wanita dengan rerata usia ialah 19,6 tahun. Ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa pada tiap angkatan dan keseluruhan responden selalu menerapkan strategi belajar rehearsal, serta cukup sering menerapkan strategi belajar elaboration, organizing, dan critical thinking dalam mempersiapkan ujian SOCA selama masa PTMT. Responden juga menambahkan strategi pembelajaran lain selain yang tercantum dalam kuesioner. Kesimpulan: Profil strategi belajar SRL komponen komponen kognitif dalam mempersiapkan ujian SOCA pada mahasiswa FK Unsoed telah didapatkan dan dapat dimanfaatkan sebagai hasil evaluasi kurikulum selama masa PTMT.
Abstrak (Inggris)Background: SOCA assess students' critical thinking, clinical reasoning, and communication skills. SRL (self-regulated learning) cognitive component is useful in processing and storing information on preparing SOCA. SRL determines presage factors in learning environment change which has changed from online learning to PTMT since COVID-19 pandemic. These environmental change determined important role in the SOCA preparation process; thus, profile of learning strategies wasn’t only prominent for monitoring and evaluating in policy making by institution, but also for self-evaluating by respondents Objective: To find profile of SRL learning strategies for cognitive components in preparing SOCA from FK Unsoed students’ during limited face-to-face learning method in 2021/2022. Methods: This quantitative-observational-descriptive study used primary data from a questionnaire "SRL Learning Strategies in Limited Face-to-Face Learning Period" by 199 undergraduate-student (of batch 2019, 2020, and 2021). The results're presented in tables and frequency-distribution diagrams based on the sub-components of learning strategies and frequency of use. Results: Most (70,35%) of the respondents are women with average age of 19.6 years. The majority of students in each batch and all respondents always applied rehearsal learning strategies, and often implemented elaboration, organizing, and critical thinking learning strategies in preparing for SOCA exams during the PTMT period. Respondents also add other learning strategies besides those listed in the questionnaire.. Conclusion: The profile of the SRL learning strategy of the cognitive components in preparing for the SOCA exam for FK Unsoed students has been obtained and can be utilized as a result of curriculum evaluation during the PTMT period.
Kata Kuncidaring, kognitif, PTMT, SOCA, strategi belajar
Nama Pembimbing 1dr. Catharina Widiartini, M. Med. Ed.
Nama Pembimbing 2Arfi Nurul Hidayah, S. Psi., Psikolog
Tahun2023
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0557 seconds.