View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1E019019
Nama MahasiswaADITYA WIBOWO
Judul ArtikelEvaluasi Pengelolaan Program Ekstrakurikuler Kepramukaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas
AbstrakProgram ekstrakurikuler kepramukaan merupakan upaya dalam membentuk karakter siswa. Perlu adanya sebuah evaluasi pengelolaan program ekstarakurikuler kepramukan untuk mengembangkan dan mewujudkan tujuan kepramukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program ekstrakurikuler kepramukan dan evaluasi pengelolaan program ekstrakurikuler kepramukaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas dengan metode pengambilan sampel yaitu snowball sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu Pembina Pramuka, Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, Pengurus dan Anggota Ekstrakurikuler Kepramukaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengelolaan program ekstrakurikuler kepramukaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas dilaksanakan oleh Pengurus Ekstrakurikuler Kepramukaan dengan bimbingan Pembina Pramuka dan pengawasan oleh sekolah/gugus depan yang meliputi Context, Input, Process dan Product yang di dalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Temuan dalam penelitian ini yang dapat diterapkan oleh sekolah lain yaitu kegiatan kaderisasi dewan ambalan melalui sebuah kegiatan Capassus dan Passus. Hal-hal yang perlu dievaluasi diantaranya yaitu penyampaian hasil perencanaan ekstrakurikuler kepada orangtua/wali, pengkondisian pelaksanaan kegiatan latihan rutin, evaluasi indikator tujuan ekstrakurikuler dan proses penilaian peserta didik. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dalam pengelolaan program ekstrakurikuler kepramukaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas telah menerapkan prinsip sesuai pedoman penyelenggaraan ekstrakurikuler. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu disesuaikan kembali dengan pedoman pengelolaan program ekstrakurikuler. Peneliti memberikan evaluasi menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process dan Product).
Abstrak (Inggris)The scout extracurricular program is an effort to shape student character. There needs to be an evaluation of the management of the scout extracurricular program to develop and realize scout goals. This study aims to determine the management of the scout extracurricular program and evaluate the management of the scout extracurricular program at Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas. This research is qualitative and descriptive, with data collection methods including interviews, observation, and documentation. This research was conducted at Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas with the snowball sampling method. The informants in this study were Scoutmasters, Deputy Chairmen of the Gugus Depan Advisory Council, Executives, and Scouting Extracurricular Members of Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas. Research data were analyzed through data reduction, data presentation, and verification/conclusion. The management of the Scout extracurricular program at Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas is carried out by the Scout extracurricular management under the guidance of Scoutmasters and supervision by the school/front group, which includes context, input, process, and product, which includes planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluating. The findings in this study that can be applied by other schools are the cadre activities for the ambush council through a Capassus and Passus activity. Things that need to be evaluated include conveying the results of extracurricular planning to parents and guardians, conditioning the implementation of routine training activities, evaluating indicators of extracurricular goals, and the student assessment process. Planning, organizing, implementing, supervising, and evaluating the management of the extracurricular scouting program at Madrasah Aliyah Negeri, Banyumas, has implemented the principles according to the extracurricular organizing guidelines. However, there are a number of things that need to be readjusted to the extracurricular program management guidelines. Researchers provide evaluations using the CIPP method (Context, Input, Process, and Products).
Kata KunciEvaluasi, Pengelolaan Program, Ekstrakurikuler Kepramukaan
Nama Pembimbing 1Panuwun Joko Nurcahyo, S.Pd., M.Pd.
Nama Pembimbing 2Jajang Dede Mulyani, S.Pd., M.Or.
Tahun2022
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0599 seconds.