View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B016095
Nama MahasiswaLINA OKTAVIANA SHOLIHAH
Judul ArtikelTATA KELOLA PENDIDIKAN INKLUSI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANYUMAS (Studi SDN 5 Arcawinangun, Kelurahan Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur dan SDN Watujaran Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang)
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata kelola pendidikan inklusi Sekolah Dasar kabupaten Banyumas yang ada di SDN 5 Arcawinangun dan SDN Watujaran. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasusu tata kelola (governance) dari UNDP dengan tiga kriteria yaitu partisipasi, transparan dan akuntabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aspek dari partisipasi kerjasama antara guru dengan wali murid dalam penanganan anak berkebutuhan khusus sudah baik. SDN Arcawinangun ikut serta dalam biaya seperti pembayaran setiap bulannya dan pembayaran yang harus lunas selama 6 tahun. Dari aspek transparan sekolah terbuka atas perkembangan anak maupun kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Sedangkan aspek akuntabilitas, sekolah sudah memenuhi tanggung jawab dalam mengajar kepada siswa reguler maupun siswa ABK.
Abstrak (Inggris)This study aims to find out how the management of inclusive education in elementary schools in Banyumas district is in SDN 5 Arcawinangun and SDN Watujaran. The method used in this research is descriptive qualitative research with governance case studies from UNDP with three criteria namely participation, transparency and accountability. The results of this study indicate that the aspects of cooperative participation between teachers and student guardians in handling children with special needs are good. SDN Arcawinangun participates in costs such as monthly payments and payments that must be paid in full for 6 years. From a transparent aspect, schools are open to children's development and activities carried out by students. As for the accountability aspect, the school has fulfilled its responsibility in teaching regular students and ABK students.
Kata KunciPendidikan Inklusi, Tata Kelola, Anak Berkebutuhan Khusus.
Nama Pembimbing 1Dr. Muslih Faozanudin, M.Sc.
Nama Pembimbing 2Dr. Sukarso, M.Si.
Tahun2023
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0603 seconds.