View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C018094
Nama MahasiswaWARDAH HANIFAH WISUDEWI
Judul ArtikelPENGARUH EARNING PER SHARE, UNDERWRITER REPUTATION, DAN OVERSUBSCRIPTION TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh Earning Per Share, Underwriter Reputation, dan Oversubscription terhadap tingkat Underpricing saham saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sinyal yang mencerminkan hubungan antara pihak manajemen dan investor dalam memberi informasi perusahaan menggunakan sinyal positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji tiga hipotesis yang telah dirumuskan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Sampel penelitian ini diambil dari 60 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh data sampel sebanyak 60. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25.0. Berdasarkan analisis data menggunakan regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) earning per share tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing, (2) underwriter reputation tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing, (3) oversubscription tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah agar menambah pengetahuan mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat underpricing sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan sebelum melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan bagi investor sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Abstrak (Inggris)This study aims to analyze and determine the effect of Earning Per Share, Underwriter Reputation, and Oversubscription on the level of underpricing of shares during the Initial Public Offering (IPO) on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The theory used in this study is signal theory which reflects the relationship between management and investors in providing company information using positive and negative signals. This study uses quantitative methods to test the three hypotheses that have been formulated. The object of this research is a company that is conducting an Initial Public Offering (IPO) on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019-2021. The sample for this research was taken from 60 companies which were obtained by purposive sampling technique so that 60 sample data were obtained. The analytical method used was multiple regression analysis using SPSS version 25.0 software. Based on data analysis using multiple regression, the results of this study show that (1) earning per share has no effect on the level of underpricing, (2) underwriter reputation has no effect on the level of underpricing, (3) oversubscription has no effect on the level of underpricing. The implications obtained from this research are to increase knowledge about the factors that can affect the level of underpricing as a consideration for companies before conducting an Initial Public Offering (IPO) on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and for investors as a basis for making investment decisions on Indonesian Stock Exchange (IDX).
Kata KunciInitial Public Offering, Earning Per Share, Underwriter Reputation, Oversubscription, Underpricing.
Nama Pembimbing 1Negina Kencono Putri
Nama Pembimbing 2Yusriyati Nur Farida
Tahun2023
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0556 seconds.